Daulay, Sylvia Romadona (2024) PENGARUH STRATEGI PROBLEM FOCUSED COPING DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA MAHASISWA JURUSAN PIPS FKIP UNIVERSITAS JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (13kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (167kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (18kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (51kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN SYLVI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan mahasiswa yang melakukan pembelian barang berdasrakan keinginan, kesulitan dalam menyelesaiakan masalah keuangan, dan mahasiswa tidak membuat perencanaan belanja terlebih dahulu, sehingga berakibat kepada timbulnya perilaku konsumtif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh antara: (1) strategi problem focused coping terhadap perilaku konsumtif (2) literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif (3) strategi problem focused coping dan literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif. Penelitian ini dilakukan di Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (PIPS) FKIP Universitas Jambi pada Januari 2024. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik Simple Random Sampling dengan jumlah responden 159 mahasiswa. Data penelitian ini diperoleh dengan cara menyebarkan angket kepada mahasiswa Jurusan PIPS FKIP Universitas Jambi melalui Google Form. Setelah angket selesai diisi, data dianalisis secara kuantitatif menggunakan bantuan aplikasi SPSS 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi problem focused coping dan literasi keuangan berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap perilaku konsumtif. Sedangkan secara persial, strategi problem focused coping (X1) berpengaruh positif dan siginifikan terhadap perilaku konsumtif. Dan secara persial tidak terdapat pengaruh literasi keuangan (X2) terhadap perilaku konsumtif pada Mahasiswa Jurusan PIPS FKIP Universitas Jambi. Hal tersebut dapat ditunjukkan dengan perhitungan analisis menggunakan uji T, nilai thitung > tabel = 3,044 > 1,975 dengan nilai signifikansi 0,003 < 0,05 pada X1, dan thitung < tabel = -1,675 < 1,975 dengan nilai signifikansi 0,096 > 0,05 pada X2. Dan perhitungan nilai Uji F dengan nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel atau 4,645 > 3,05 dengan nilai signifikansi 0,011 < 0,05. Artinya Ho ditolak Ha diterima yang berarti variabel strategi problem focused coping dan literasi keuangan secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap variabel perilaku konsumtif dengan kontribusi nilai R2 ebesar 5.6% sedangkan sisanya 94,4% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam pengukuran model penelitian ini. Dari hasil penelitian ini disarankan agar mahasiswa diharapkan bisa meningkatkan strategi problem focused coping dan lebih memahami serta menerapkan literasi keuangan dengan tepat dalam melakukan konsumsi, agar dapat menghindari terjadinya perilaku konsumtif.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Problem Focused Coping,Literasi Keuangan,Perilaku Konsumtif |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Dly |
Date Deposited: | 16 Jul 2024 07:12 |
Last Modified: | 18 Jul 2024 04:44 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/68196 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |