Pengaruh Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) dan Model Guided Discovery Learning (GDL) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis ditinjau dari Gaya Kognitif Peserta Didik

Candra, Ade (2024) Pengaruh Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) dan Model Guided Discovery Learning (GDL) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis ditinjau dari Gaya Kognitif Peserta Didik. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ade candra.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (35kB)
[img] Text
CamScanner 16-07-2024 13.08.pdf

Download (283kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (180kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (33kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (51kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Ade Candra Tanjung. 2024. Pengaruh Project Based Learning (PjBL) dan Model Guided Discovery Learning (GDL) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa SMAN 20 Merangin. Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Jambi Pembimbing: (I) Dr. Nizlel Huda, M. Kes. (II) Dr Yantoro, M.Pd. Kata kunci : Project Based Learning (PjBL), Guided Discovery Learning (GDL), Kemampuan Komunikasi Matematis, Gaya Kognitif Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan interaksi antara model pembelajaran PjBL, GDL, Konvensional, dan Gaya Kognitif terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitan quasi eksperimental design yang memiliki perlakuan, pengukuran dampak, unit eksperimen namun tidak menggunakan penugasan acak untuk menciptakan perbandingan dalam rangka menyimpulkan perubahan yang disebabkan perlakuan yang diberikan. Penelitian dilakukan di SMA N 20 Merangin di kelas XI. Perlakuan awal yang diberikan adalah memberikan GEFT dan mengelompokkan 20 orang dari tiga kels yang digunakan menjadi masing-masingnya 10 kelompok FD dan FI di tiap kelasnya. Selanjutnya secara acak masing-masing kelas diberlakukan model pembelajaran PjBL, GDL, dan konvensional. Pada akhir penelitian, setiap kelompok diberikan tes kemampuan komunikasi matematis. Hasil analisis tes komunikasi matematis menjawab tiga hipotesis yang diberikan dimana semua H0 dari setiap hipotesis diterima. Pertama, tidak terdapat pengaruh model pembelajaran PjBL, GDL, dan konvensional terhadap kemampuan komunikasi matematis yang ditunjukkan dengan hasil FHitung = 0.637 dengan probabilitas 0.533. Kedua, tidak terdapat pengaruh gaya kognitif terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa berdasarkan Fhitung = 0.159 dengan probabilitas 0,691. Ketiga, tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran PjBL, GDL, dan konvensional dengan gaya kognitif siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis dengan Fhitung = 0,757 dengan probabilitas 0,474. Hasil ini

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning (PjBL), Guided Discovery Learning (GDL), Kemampuan Komunikasi Matematis, Gaya Kognitif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Tanjung
Date Deposited: 16 Jul 2024 07:33
Last Modified: 16 Jul 2024 07:34
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/68209

Actions (login required)

View Item View Item