Candra, Ade (2024) Pengaruh Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) dan Model Guided Discovery Learning (GDL) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis ditinjau dari Gaya Kognitif Peserta Didik. S2 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ade candra.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (35kB) |
![]() |
Text
CamScanner 16-07-2024 13.08.pdf Download (283kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (180kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (33kB) |
![]() |
Text
cover.pdf Download (51kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (167kB) |
Abstract
Ade Candra Tanjung. 2024. Pengaruh Project Based Learning (PjBL) dan Model Guided Discovery Learning (GDL) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa SMAN 20 Merangin. Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Jambi Pembimbing: (I) Dr. Nizlel Huda, M. Kes. (II) Dr Yantoro, M.Pd. Kata kunci : Project Based Learning (PjBL), Guided Discovery Learning (GDL), Kemampuan Komunikasi Matematis, Gaya Kognitif Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan interaksi antara model pembelajaran PjBL, GDL, Konvensional, dan Gaya Kognitif terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitan quasi eksperimental design yang memiliki perlakuan, pengukuran dampak, unit eksperimen namun tidak menggunakan penugasan acak untuk menciptakan perbandingan dalam rangka menyimpulkan perubahan yang disebabkan perlakuan yang diberikan. Penelitian dilakukan di SMA N 20 Merangin di kelas XI. Perlakuan awal yang diberikan adalah memberikan GEFT dan mengelompokkan 20 orang dari tiga kels yang digunakan menjadi masing-masingnya 10 kelompok FD dan FI di tiap kelasnya. Selanjutnya secara acak masing-masing kelas diberlakukan model pembelajaran PjBL, GDL, dan konvensional. Pada akhir penelitian, setiap kelompok diberikan tes kemampuan komunikasi matematis. Hasil analisis tes komunikasi matematis menjawab tiga hipotesis yang diberikan dimana semua H0 dari setiap hipotesis diterima. Pertama, tidak terdapat pengaruh model pembelajaran PjBL, GDL, dan konvensional terhadap kemampuan komunikasi matematis yang ditunjukkan dengan hasil FHitung = 0.637 dengan probabilitas 0.533. Kedua, tidak terdapat pengaruh gaya kognitif terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa berdasarkan Fhitung = 0.159 dengan probabilitas 0,691. Ketiga, tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran PjBL, GDL, dan konvensional dengan gaya kognitif siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis dengan Fhitung = 0,757 dengan probabilitas 0,474. Hasil ini
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Project Based Learning (PjBL), Guided Discovery Learning (GDL), Kemampuan Komunikasi Matematis, Gaya Kognitif |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Tanjung |
Date Deposited: | 16 Jul 2024 07:33 |
Last Modified: | 16 Jul 2024 07:34 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/68209 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |