Pengaruh Problem-Based Learning dan Gaya Belajar terhadap Kemampuan Menulis Bahasa Inggris Siswa melalui Kemampuan Berpikir Kreatif dengan Motivasi Belajar sebagai Variabel Moderasi

Susanty, Susanty (2024) Pengaruh Problem-Based Learning dan Gaya Belajar terhadap Kemampuan Menulis Bahasa Inggris Siswa melalui Kemampuan Berpikir Kreatif dengan Motivasi Belajar sebagai Variabel Moderasi. S3 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Lembar Pengesahan20240716_04.pdf

Download (47kB)
[img] Text
Full Disertasi Susanty.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)
[img] Text
Cover Susanty-1.pdf

Download (17kB)
[img] Text
Abstrak Susanty-5-6.pdf

Download (202kB)
[img] Text
Bab I Susanty-14-31.pdf

Download (188kB)
[img] Text
Daftar Pustaka Susanty-235-249.pdf

Download (310kB)
[img] Text
Bab V Susanty-228-234.pdf

Download (27kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh problem-based learning dan gaya belajar terhadap kemampuan menulis bahasa inggris siswa, dengan kemampuan berpikir kreatif sebagai variabel mediasi dan motivasi belajar sebagai variabel moderasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 378 orang siswa SMA Kelas XI SMA Negeri 3 Kota Jambi, dengan jumlah ukuran sampel yang digunakan sebanyak 191 orang siswa berdasarkan penggunaan tabel Krejcie & Morgan. Teknik pengambilan sampel menggunakan stratified random sampling. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data berupa angket dan lembar observasi. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan Structural Equation Modelling (SEM) berbasis partial least squares path modeling (PLS-SEM). Hasil analisis statistik membuktikan bahwa; (1) problem-based learning secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif, (2) gaya belajar secara langsung berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif, (3) kemampuan berpikir kreatif dan motivasi belajar secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan menulis Bahasa Inggris, (4) problem-based learning secara langsung berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kemampuan menulis Bahasa Inggris, (5) gaya belajar secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan menulis Bahasa Inggris, (6) problem-based learning secara tidak langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan menulis Bahasa Inggris, melalui kemampuan berpikir kreatif, (7) gaya belajar secara tidak langsung berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kemampuan menulis Bahasa Inggris, melalui kemampuan berpikir kreatif, (8) motivasi belajar memoderasi secara positif dan tidak signifikan hubungan pengaruh antara problem-based learning terhadap kemampuan menulis Bahasa Inggris, (9) motivasi belajar memoderasi secara positif dan tidak signifikan hubungan pengaruh antara gaya belajar terhadap kemampuan menulis Bahasa Inggris, dan (10) motivasi belajar memoderasi secara positif dan signifikan hubungan pengaruh antara kemampuan berpikir kreatif terhadap kemampuan menulis Bahasa Inggris.

Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Problem-Based Learning (PBL), Gaya Belajar, Kemampuan Berpikir Kreatif, Motivasi Belajar, Kemampuan Menulis Bahasa Inggris.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > S3 Kependidikan
Depositing User: Susanty
Date Deposited: 17 Jul 2024 03:14
Last Modified: 17 Jul 2024 03:14
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/68356

Actions (login required)

View Item View Item