ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MASYARAKAT MUSLIM DALAM BERWAKAF UANG DI KOTA JAMBI

Asiah, Siti Nur (2024) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MASYARAKAT MUSLIM DALAM BERWAKAF UANG DI KOTA JAMBI. S1 thesis, Ekonomi Islam.

[img] Text
Cover .pdf

Download (187kB)
[img] Text
Abstrak (1).pdf

Download (151kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan, Pengesahan, dan Keaslian Karya Ilmiah.pdf

Download (641kB)
[img] Text
Skripsi Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Bab I (1).pdf

Download (212kB)
[img] Text
Bab VI (1).pdf

Download (90kB)
[img] Text
Daftar Pustaka (1).pdf

Download (256kB)

Abstract

Didalam islam terdapat beberapa bentuk lembaga yang salah satunya diharapkan mampu menunjang kesejahteraan sosial ekonomi yaitu wakaf. Selama ini masyarakat hanya mengenal wakaf dalam bentuk tanah dan bangunan. Sedangkan wakaf berbentuk uang belum tersosialisasikan dengan baik. Kurangnya pemahaman dan pengetahuan masyarakat mengenai berwakaf uang mengakibatkan sedikitnya masyarakat yang berpatisipasi dalam wakaf uang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh persepsi, akses media informasi, pendapatan, pendidikan, dan religiusitas terhadap minat masyarakat muslim dalam berwakaf uang di Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan data primer yang diperoleh dari kuesioner yang telah di sebarkan kepada masyarakat muslim di Kota Jambi yang berjumlah 100 sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) persepsi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat masyarakat muslim dalam berwakaf uang di Kota Jambi; (2) akses media informasi berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap minat masyarakat muslim dalam berwakaf uang di Kota Jambi ; (3) pendapatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat masyarakat muslim dalam berwakaf uang di Kota Jambi; (4) pendidikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat masyarakat muslim dalam berwakaf uang di Kota Jambi; (5) religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat masyarakat muslim dalam berwakaf uang di Kota Jambi. Kesimpulan dari penelitian ini dilihat dari tabel koefisien determinasi nilai R Square sebesar 0,708 atau 70,8% yang berarti persepsi, akses media informasi, pendapatan, pendidikan, dan religiusitas berpengaruh sebesar 70,8% terhadap minat berwakaf uang di Kota Jambi, sedangkan 29,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Kata Kunci: Persepsi, Akses Media Informasi, Pendapatan, Pendidikan, Religiusitas dan Minat Masyarakat Muslim dalam Berwakaf Uang

Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Islam
Depositing User: Asiah
Date Deposited: 18 Jul 2024 03:30
Last Modified: 18 Jul 2024 03:30
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/68701

Actions (login required)

View Item View Item