Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Predict-Observe-Explain (POE) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMK

Tri Atmojo, Mas Anggoro (2024) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Predict-Observe-Explain (POE) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMK. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (185kB)
[img] Text
COVER SKRIPSI MAS ANGGORO.pdf

Download (28kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN DAN PERSETUJUAN.pdf

Download (794kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (531kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (375kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (303kB)
[img] Text
SKRIPSI LENGKAP MAS ANGGORO TRI ATMOJO A1C217010.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Atmojo, Mas Anggoro Tri. 2024. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Predict, Observe, Explain (POE) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMK. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dra. Dewi Iriani, M.Pd., (II) Drs. Wardi Syafmen, M.Si. Kata kunci: LKPD, model pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE), kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI OTKP II SMK PGRI 2 Kota Jambi. Faktor yag menyebabkan rendahnya kemampuan berpikir kritis adalah karena LKPD yang digunakan di SMK PGRI 2 Kota Jambi belum menunjukkan kegiatan aktif, bermakna, dan mendukung kemampuan berpikir kritis bagi peserta didik dalam proses pembelajaran. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Predict, Observe, Explain(POE) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI SMK, mendeskripsikan kualitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Predict, Observe, Explain (POE) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI SMK berdasarkan kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D dengan empat tahap yaitu: Define, Design, Develope, dan dissemination. Subjek dalam penelitian ini adalah 21 orang peserta didik kelas XI OTKP II. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar validasi instrumen, angket validasi materi LKPD, angket validasi desain LKPD, angket respon pendidik, angket respon peserta didik, lembar observasi aktivitas peserta didik, dan tes kemampuan berpikir kritis peserta didik. Semua data yang dikumpulkan dianalisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektifannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang dikembangkan valid, praktis dan efektif. Hal ini terlihat dari hasil validasi LKPD oleh ahli materi dan ahli desain diperoleh persentase kevalidan LKPD sebesar 80,475% (valid). Hasil angket praktikalitas diperoleh persentase kepraktisan LKPD sebesar 91,05% (sangat praktis). Hasil analisis terhadap lembar observasi aktivitas peserta didik, angket respon 21 orang peserta didik dan tes kemampuan berpikir kritis 21 orang peserta didik diperoleh persentase keefektifan LKPD sebesar 78,006% (efektif).

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: LKPD, model pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE), kemampuan berpikir kritis.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ATMOJO
Date Deposited: 19 Jul 2024 02:49
Last Modified: 19 Jul 2024 02:50
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/68857

Actions (login required)

View Item View Item