Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA

Larasati, Riwanda Citha and Zurweni, Zurweni and Hariyadi, Bambang (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA. S2 thesis, universitas jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (198kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (226kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (123kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (191kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN_compressed.pdf

Download (343kB)
[img] Text
TESIS RIWANDA CITHA LARASATI P2A520017.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/cgi/users/home?scree...

Abstract

ABSTRAK Larasati, R. C. 2023. Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA. Tesis. Program Magister Pendidikan IPA Universitas Jambi, Pembimbing I. Dr. Dra. Zurweni, M.Si. II. Ir.Bambang Hariyadi, M.Si., Ph.d. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan media pembelajaran video pada materi sistem pencernaan manusia. Penelitian ini dilatar belakangi oleh peserta didik yang masih pasif saat memecahkan masalah, kurang antusias saat proses pembelajaran, kurang terasahnya kemampuan berpikir kritis, masih kesulitan dalam memahami materi sistem pencernaan manusia, dan penggunaan video pembelajaran pada materi sistem pencernaan manusia masih belum ada. Penelitian pengembangan ini menggunakan desain model pengembangan Lee & Owens. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data terdiri dari data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil validasi terhadap pengembangan media pembelajaran video oleh ahli media dan desain serta ahli materi dinyatakan layak dan dapat diuji cobakan, sedangkan hasil penilaian guru diperoleh kategori sangat layak, hasil respon peserta didik pada uji coba satu satu diperoleh kategori sangat baik dengan persentase 92,77%, hasil respon peserta didik pada uji coba kelompok kecil diperoleh kategori sangat baik dengan persentase 93,14%. Hasil analisis pretest-posttest kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan uji n-gain diperoleh skor 0,60 dengan kategori sedang. Untuk itu dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video berbasis problem based learning dapat diajadikan salah satu media pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam materi sistem pencernaan manusia. Kata Kunci: Berpikir kritis, media pembelajaran video, problem based learning, sistem pencernaan manusia.

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Larasati
Date Deposited: 19 Jul 2024 08:14
Last Modified: 19 Jul 2024 08:14
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/69146

Actions (login required)

View Item View Item