Putri, Cindy Melinda (2024) Implementasi Model Pembelajaran Card Sort Dalam Meningkatkan Keterampilan Berkolaborasi Siswa Kelas IV Pada Pelajaran IPAS di SDN 06/IV Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
CINDY MELINDA PUTRI_A1D120140_abstrak.pdf Download (225kB) |
![]() |
Text
CINDY MELINDA PUTRI_A1D120140_Bab 1.pdf Download (242kB) |
![]() |
Text
CINDY MELINDA PUTRI_A1D120140_bab 5.pdf Download (10kB) |
![]() |
Text
CINDY MELINDA PUTRI_A1D120140_cover.pdf Download (7kB) |
![]() |
Text
CINDY MELINDA PUTRI_A1D120140_Daftar Pustaka.pdf Download (132kB) |
![]() |
Text
CINDY MELINDA PUTRI_A1D120140_halaman pengesahan.pdf Download (53kB) |
![]() |
Text
CINDY MELINDA PUTRI_A1D120140_IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CARD SORT DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERKOLABORASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran card sort dalam meningkatkan keterampilan berkolaborasi siswa kelas IV pada pelajaran IPAS di SDN 06/IV Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan di SDN 06/IV Kota Jambi, Kelurahan Sungai Asam, Kecamatan Pasar Jambi pada kelas IV. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Data penelitian ini diperoleh dengan cara observasi dan wawancara. Setelah itu data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian setelah implementasi model pembelajaran card sort pada pembelajaran IPAS mampu meningkatkan keterampilan berkolaborasi siswa. Hal ini dikarenakan tiap siswa mengalami peningkatan keterampilan berkolaborasi dengan memperhatikan indikator keterampilan berkolaborasi dalam kegiatan pembelajaran yang dapat terlihat pada setiap siklus pertemuan. Hasil dari penelitian pada siklus I pertemuan I memperoleh persentase sebesar 50%, sedangkan pada siklus I pertemuan II diperoleh persentase sebesar 59,06% dengan peningkatan sebanyak 9,06%. Pada siklus II pertemuan I diperoleh persentase sebesar 71,25% dimana terjadi peningkatan sebanyak 12,19% dan untuk siklus II pertemuan II diperoleh persentase sebesar 88,12% dengan peningkatan sebesar 16,87%. Hasil penelitian pada siklus II pertemuan II telah mencapai persentase pemerolehan indikator keberhasilan, yaitu 75% dengan selisih dari siklus I ke Siklus II sebesar 38.12%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran card sort dapat meningkatkan keterampilan berkolaborasi siswa kelas IV SDN 06/IV Kota Jambi pada mata pelajaran IPAS di sekolah dasar. Hal tersebut dibuktikan dengan terjadinya peningkatan tiap indikator keterampilan berkolaborasi pada tiap siklus pertemuannya. This research aims to describe the implementation of the card sort learning model in improving the collaboration skills of class IV students in science and science lessons at SDN 06/IV Jambi City. This research was conducted at SDN 06/IV Jambi City, Sungai Asam Village, Pasar Jambi District in class IV. The form of this research is classroom action research. This research data was obtained by observation and interviews. After that the data was analyzed qualitatively and quantitatively. This research was carried out in two cycles, with four stages, namely planning, implementation, observation and reflection. Based on research results, after implementing the card sort learning model in science learning, it was able to improve students' collaboration skills. This is because each student experiences increased collaboration skills by paying attention to indicators of collaboration skills in learning activities which can be seen in each meeting cycle. The results of the research in cycle I, meeting I, obtained a percentage of 50%, while in cycle I, meeting II, the percentage was 59.06% with an increase of 9.06%. In cycle II, meeting I, the percentage was 71.25%, where there was an increase of 12.19%, and for cycle II, meeting II, the percentage was 88.12%, with an increase of 16.87%. The results of the research in the second cycle of the second meeting had achieved a percentage of obtaining success indicators, namely 75% with a difference from cycle I to cycle II of 38.12%. From the results of this research, it can be concluded that the implementation of the card sort learning model can improve the collaboration skills of class IV students at SDN 06/IV Jambi City in science and technology subjects in elementary schools. This is proven by the increase in each indicator of collaboration skills in each meeting cycle.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Card Sort, Keterampilan Berkolaborasi, Mata Pelajaran IPAS |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | PUTRI |
Date Deposited: | 09 Aug 2024 06:35 |
Last Modified: | 09 Aug 2024 06:36 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/69892 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |