Qudsya, Haziratul (2024) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) GUNA MENINGKATKAN KECAKAPAN BERKOMUNIKASI PESERTA DIDIK DALAM PELAKSANAAN BELAJAR MATEMATIKA SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
HAZIRATUL QUDSYA_A1D120148_abstrak.pdf Download (73kB) |
![]() |
Text
HAZIRATUL QUDSYA_A1D120148_Bab 1.pdf Download (152kB) |
![]() |
Text
HAZIRATUL QUDSYA_A1D120148_Bab 5.pdf Download (10kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI HAZIRATUL QUDSYA_A1D120148_cover.pdf Download (15kB) |
![]() |
Text
HAZIRATUL QUDSYA_A1D120148_Daftar Pustaka.pdf Download (153kB) |
![]() |
Text
HAZIRATUL QUDSYA_A1D120148_Daftar Pustaka.pdf Download (153kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI HAZIRATUL QUDSYA_A1D120148.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian yang dilaksanakan ini bertujuan untuk melihat serta mendeskripsikan model pembelajaran Think Pair Share untuk Menaikkan Kecakapan Berkomunikasi Peserta Didik dalam Pelaksanaan Belajar Matematika di SD. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 73/IX Simpang Sungai Duren pada kelas V. Bentuk pada penelidian ini ialah penelitian tindakan kelas atau PTK. Data pada penelitian ini didapat dengan cara melaksanakan observasi serta wawancara. Sesudah itu data dianalisis secara kualitatif serta kuantitatif. Penelitian ini diberlangsungkan dalam dua siklus, dengan empat tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, serta refleksi. Berdasrkan hasil penelitian sesudah penerapan model pembelajaran Think Pair Share untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa pada pembelajaran matematika bisa meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa. Hal ini dikarenakan setiap siswa mengalami peningkatan dalam keterampilan berkomunikasi dengan memperhatikan indikator keterampilan berkomunikasi pada saat aktivitas pembelajaran yang bisa dilihat dalam setiap siklus pertemuan. Hasil dari siklus I pertemuan pertama memperoleh presentase sebesar 56,10% dengan kategori “Rendah”, sedangkan dalam siklus I pertemuan kedua didapatkan presentase yakni 62,80% dengan kategori “Sedang” dengan peningkatan sebesar 6,7%. Dalam siklus II pertemuan pertama didapat persentase sebesar 73,40% dengan kategori “Tinggi” dimana terdapat kenaikan sebesar 10,6%, serta untuk siklus II pertemuan kedua mendapatkan persentase yakni 79% berada dalam kategori “Tinggi” dengan kenaikan sebesar 5,6%. Hasil dalam pertemuan kedua siklus II sudah menggapai persentase perolehan indikator keberhasilan, yakni 75%. Melalui hasil penelitian ini bisa ditarik sebuah kesimpulan bahwasanya Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share bisa Menaikkan Kecakapan Berkomunikasi Siswa dalam Pelaksanaan Belajar Matematika di SD. Hal tersebut mampu dibuktikan dengan terjadinya peningkatan tiap indikator keterampilan berkomunikasi siswa pada setiap siklus pertemuannya. The research carried out aims to examine and describe the Think Pair Share learning model to improve students' communication skills in implementing mathematics learning in elementary school. This research was carried out at SDN 73/IX Simpang Sungai Duren in class V. The form of this research was classroom action research or PTK. The data in this research was obtained by carrying out observations and interviews. After that the data was analyzed qualitatively and quantitatively. This research was carried out in two cycles, with four stages, namely planning, implementation, observation and reflection. Based on research results after implementing the Think Pair Share learning model to improve students' communication skills in mathematics learning, it can improve students' communication skills. This is because each student experiences an increase in communication skills by paying attention to indicators of communication skills during learning activities which can be seen in each meeting cycle. The results from cycle I of the first meeting obtained a percentage of 56.10% in the "Low" category, while in cycle I of the second meeting the percentage was 62.80% in the "Medium" category with an increase of 6.7%. In cycle II, the first meeting obtained a percentage of 73.40% in the "High" category, where there was an increase of 10.6%, and for cycle II, the second meeting obtained a percentage of 79%, which was in the "High" category, with an increase of 5.6%. . The results in the second meeting of cycle II have reached the percentage of achievement of success indicators, namely 75%. Through the results of this research, a conclusion can be drawn that the implementation of the Think Pair Share Type Cooperative Learning Model can improve students' communication skills in implementing mathematics learning in elementary school. This can be proven by an increase in each indicator of students' communication skills in each meeting cycle.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Think Pair Share, Pembelajaran Matematika, Keterampilan Berkomunikasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | QUDSYA |
Date Deposited: | 09 Aug 2024 06:38 |
Last Modified: | 09 Aug 2024 06:38 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/69893 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |