Wicaksono, Alif Agung (2024) Pengembangan LKPD IPAS Materi Gaya di Sekitar Kita di Kelas IV Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
cover skripsi.pdf Download (236kB) |
![]() |
Text
abstrak dan kata pengantar.pdf Download (341kB) |
![]() |
Text
daftar pustaka.pdf Download (349kB) |
![]() |
Text
bab I.pdf Download (357kB) |
![]() |
Text
bab V.pdf Download (223kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_ALIF_AGUNG_WICAKSONO_A1D120104.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN DAN DALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Wicaksono, Alif Agung 2024. Pengembangan LKPD IPAS Materi Gaya di Sekitar Kita di Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Anak Usia Dini dan Dasar, Universitas Jambi, Pembimbing (1) Prof. Dr. rer. nat. Drs. Asrial, M.Si., (II) Alirmansyah, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : LKPD, IPAS Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui kelayakan secara konseptual Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada Pembelajaran IPAS kelas IV materi gaya di Sekitar kita Sekolah Dasar. (2) Mengetahui kelayakan secara prosedural Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada Pembelajaran IPAS kelas IV materi gaya di sekitar kita di Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dan model yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE (analysis, design, development or product, implementation or Delivery and Evaluation). Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 55/I Sridadi. Data penelitian ini diperoleh dari validasi materi, validasi bahasa dan validasi media. Selain itu, data penelitian juga diperoleh dari angket respon pendidik dan peserta didik serta wawancara dan observasi peserta didik untuk melihat kepraktisan dari LKPD yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji coba validasi dari penilaian ahli materi mendapat persentase sebesar 95,3% dengan kategori sangat valid, penilaian ahli bahasa mendapat persentase sebesar 75,5% dengan kategori valid serta penilaian ahli media mendapat persentase sebesar 93,7% dengan kategori sangat valid. Penilaian dari respon guru sebagai praktisi mendapat persentase sebesar 96% dengan kategori sangat praktis. Serta penilaian kepraktisan dari peserta didik sebesar 85% dilakukan dengan uji coba kelompok kecil dan sebesar 86,4% dilakukan dengan uji coba kelompok besar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKPD pada pembelajaran IPAS materi gaya di sekitar kita di Kelas IV Sekolah Dasar dapat digunakan dalam pembelajaran di sekolah.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LKPD, IPAS |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | ISA |
Date Deposited: | 13 Aug 2024 06:43 |
Last Modified: | 13 Aug 2024 06:43 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/69924 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |