PENERAPAN MODEL THINK-TALK-WRITE (TTW) PADA KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 25 KOTA JAMBI

Supriyanti, Eka (2024) PENERAPAN MODEL THINK-TALK-WRITE (TTW) PADA KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 25 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Eka_Supriyanti_SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (24kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan .pdf

Download (690kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (323kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (198kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (311kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Supriyanti, Eka. 2024. Penerapan Model Think-Talk-Write (TTW) pada Keterampilan Menulis Teks Berita Peserta didik Kelas VII SMP Negeri 25 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing : (I) Dr. Rustam, S.Pd., M.Hum (II) Arum Gati Ningsih, M.Pd., Kata Kunci : Model Think-Talk-Write, Menulis Teks Berita. Pembelajaran bahasa indonesia di kelas VII SMP Negeri 25 Kota Jambi menggunakan model pembelajaran yang bervariasi. Model pembelajaran yang sesuai pada proses pembelajaran di kelas dapat memberikan pembelajaran yang lebih sistematis. Salah satu model pembelajaran tersebut yaitu model Think-Talk-Write (TTW). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuai penerapan model Think-Talk-Write (TTW) pada pembelajaran menulis teks berita. metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumem, selanjutnya data divalidasi menggunakan teknik triangulasi sumber dan trangulasi teknik. Hasil penerapan model Think-Talk-Write (TTW) dalam menulis teks berita terbagi menjadi tiga sub bab : 1) perencanaan pembelajaran/modul ajar yang disusun oleh guru telah mencantumkan langkah-langkah model Think-Talk-Write (TTW). 2) Pelaksanaan Think-Talk-Write dalam menulis teks berita terbagi menjadi tiga langkah yaitu Think(berpikir), Talk (berbicara/berdiskusi), dan Write (menulis). Pelaksanaan model pembelajaran TTW telah sesuai dengan langkah modul ajar yang disusun oleh guru. 3) Penilaian hasil belajar dalam menulis teks berita sebelum dan sesudah menerapkan model Think-Talk-Write (TTW) menunjukkan hasil yang baik dari rata-rata nilai siswa 31,89 nejadi 77,58. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Think-Talk-Write (TTW) dapat terlaksana secara sitematis dan baik.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: Supriyanti
Date Deposited: 10 Sep 2024 03:58
Last Modified: 10 Sep 2024 03:58
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/70365

Actions (login required)

View Item View Item