Upaya Program Studi Administrasi Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Soft Skills Mahasiswa Melalui Kurikulum Merdeka Di Universitas Jambi

Pratiwi, Dyah (2024) Upaya Program Studi Administrasi Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Soft Skills Mahasiswa Melalui Kurikulum Merdeka Di Universitas Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (30kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (123kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (415kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (33kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (111kB)
[img] Text
Skripsi Dyah Pratiwi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (526kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengevaluasi upaya Program Studi Administrasi Pendidikan dalam meningkatkan kualitas soft skills mahasiswa melalui Kurikulum Merdeka di Universitas Jambi. Subjek penelitian terdiri dari 1 Koordinator Administrasi Pendidikan, 2 Dosen Administrasi Pendidikan dan 4 Mahasiswa yang berasal dari bidang studi Administrasi Pendidikan dengan tingkat semester yang berbeda. Pengumpulan data menggunakan Teknik wawancara dan studi dokumen. Menggunakan teknik analisis reduksi, penyajian data, dan terakhir penarikan kesimpulan. Selanjutnya menggunakan Triangulasi untuk menguji keabsahan data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa Kurikulum Merdeka memiliki dampak positif yang signifikan terhadap peningkatan soft skills mahasiswa, seperti keterampilan komunikasi, kerja tim, kemampuan beradaptasi, dan pemecahan masalah. Program seperti Kampus Mengajar dan pembelajaran berbasis proyek terbukti efektif dalam mengembangkan keterampilan tersebut. Upaya yang dilakukan oleh Program Studi meliputi penerapan pembelajaran berbasis proyek, peningkatan kemampuan komunikasi, pemberdayaan mahasiswa, dan evaluasi holistik. Namun, terdapat tantangan seperti kurangnya kepercayaan diri mahasiswa, kecenderungan menyepelekan pembelajaran formal, dan kurangnya komunikasi efektif antara mahasiswa dan dosen.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Soft Skills, Kurikulum Merdeka, Administrasi Pendidikan, Pendidikan Tinggi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Pratiwi
Date Deposited: 11 Sep 2024 03:06
Last Modified: 11 Sep 2024 03:06
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/70388

Actions (login required)

View Item View Item