Odor Naomi Butar Butar, Paula and Harizon, Harizon and Epinur, epinur (2024) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Predict Observe Explain Pada Materi Larutan Penyangga Untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 11 Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (188kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (297kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (189kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (207kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (402kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (305kB) |
Abstract
Pada saat ini pendidikan di Indonesia mengimplementasikan pembelajaran abad 21, yang juga menerapkan kurikulum merdeka belajar yang mengharapkan guru sebagai tenaga pendidik mampu menciptakan suasana pembelajaran yang lebih berfokus kepada siswa. Namun faktanya dalam pembelajarannya siswa tidak terlalu aktif untuk berfikir, bertanya dan menyampaikan pendapat mereka dalam proses pembelajaran sehingga memengaruhi kemampuan hasil belajar siswa. Hal ini menjadi alasan bahwa di sekolah tersebut dibutuhkan satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan hasil belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah model Predict Observe Explain (POE). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran POE pada materi larutan penyangga untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada Fase F di SMA Negeri 11 Kota Jambi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mix method dengan bentuk penelitian eksperimen semu dengan jenis pretest Posttest Nonequivalent Kontrol Grup Design. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling yaitu Fase F3 dan Fase F1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan hasil belajar siswa meningkat melalui nilai rata-rata posttest dikedua kelas dengan model pembelajaran berbeda. Pada kelas eksperimen (model POE) didapatkan nilai rata-rata dari 81,94 dan di kelas kontrol (Model Inkuiri) sebesar 73,19. Hasil uji Normalitas dari kelas yang menggunakan model POE dan Inkuiri data terdistribusi secara normal yang ditandai dengan Lhitung<Llabel. Kemudian nilai signifikasi posttest di kelas eksperimen dan control sebesar 0,00 (0,000 < 0,005). Jika nilai signifikakan < 0,05 maka hipotesisi nol (H0) ditolak dan hipotesis alternative (H1) diterima. Sehingga secara parsial uji t-independen memiliki pengaruh yang signifikan. Hal ini membuktikan bahwa terdapat perbedaan signifikan nilai posttest. Kesimpulan dari hasil penelitian yang didapat bahwa terdapat pengaruh penggunakan model pembelajaran POE lebih terhadap kemampuan hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga di SMA N 11 Kota Jambi. Currently, education in Indonesia is implementing 21st century learning, which also applies the independent learning curriculum which expects teachers as educators to be able to create a learning atmosphere that is more focused on students. However, in fact, in their learning, students are not very active in thinking, asking questions and expressing their opinions in the learning process so that it affects the ability of student learning outcomes. This is the reason that the school needs a learning model that can improve students' learning outcomes. One of the learning models that can improve student learning outcomes is the Predict Observe Explain (POE) model. This study aims to determine the effect of using the POE learning model on buffer solution material to improve student learning outcomes in Phase F at SMA Negeri 11 Jambi City. The method used in this study is a mix method with a form of quasi-experimental research with the type of pretest Posttest Nonequivalent Control Group Design. The sampling technique was carried out by random sampling, namely Phase F3 and Phase F1. The results of the study showed that students' learning outcomes increased through the average posttest scores in both classes with different learning models. In the experimental class (POE model) the average score was 81.94 and in the control class (Inquiry Model) it was 73.19. The results of the Normality test from the class using the POE and Inquiry models showed that the data was normally distributed as indicated by Lhitung <Llabel. Then the significance value of the posttest in the experimental and control classes was 0.00 (0.000 <0.005). If the significance value is <0.05 then the null hypothesis (H0) is rejected and the alternative hypothesis (H1) is accepted. So that partially the independent t-test has a significant effect. This proves that there is a significant difference in the posttest value. The conclusion from the results of the study obtained that there is an influence of the use of the POE learning model more on the ability of student learning outcomes in the material of buffer solutions at SMA N 11 Jambi City.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Model Pembelajaran Predict Observe Explain, Larutan Penyangga, Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | BUTAR |
Date Deposited: | 09 Sep 2024 04:30 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 04:30 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/70393 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |