Sulastri, Anggun (2024) Efektifitas Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Modeling Simbolik Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di SMP Negeri 22 Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK ANGGUN.pdf Download (224kB) |
![]() |
Text
BAB I ANGGUN.pdf Download (377kB) |
![]() |
Text
BAB V ANGGUN.pdf Download (230kB) |
![]() |
Text
COVER ANGGUN.pdf Download (245kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA ANGGUN.pdf Download (452kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI ANGGUN FIXXXXX BANGET_compressed_compressed (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (820kB) |
![]() |
Text
PENGESAHAN ANGGUN. .pdf Download (401kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah kesulitan belajar yang dialami oleh siswa, yang mana dapat dilihat dari hambatan-hambatan yang dialami oleh siswa dalam belajar, siswa tidak fokus saat belajar, bosan saat belajar, menunjukan perilaku negatif seperti mengganggu dan keluar masuk kelas serta menurunya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektifitas layanan penguasaan konten dengan teknik modeling simbolik dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di SMP Negeri 22 Kota Jambi. Kesulitan belajar yang dimaksud dalam penelitian ini merujuk pada kesulitan belajar dari internal meliputi (kognitif, afektif, psikomotor) dan kesulitan belajar eksternal meliputi (lingkungan keluarga, lingkungan perkampungan/masyarakat dan lingkungan sekolah). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan (true experimental design) bentuk Pre-test Post-test Control Group Design, yang dilakukan di SMP Negeri 22 Kota Jambi. Populasi penelitian ini adalah kelas VIII dengan sampel 32 siswa dari kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan 32 siswa dari kelas VIII G sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan skala likert data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji T-test. Rata tingkat kesulitan belajar siswa pada saat pre-test kelas ekperimen 69,52 % (kategori tinggi) dan kelas kontrol 69,62 % ( kategori tinggi). Rata-rata tingkat kesulitan belajar siswa pada saat post-test kelas ekperimen 57,14% (kategori sedang) dan kelas kontrol 68,80% (kategori tinggi). hasil uji t-test diketahui nilai Thitung adalah 4,563 hasil perhitungan diatas, nilai t-tabel sebesar 1,998 dengan Sig. (2-tailed) 0,05. t-hitung > t-tabel dapat ditampilkan, dan hipotesis didukung dengan adanya nilai sig 2-tailed sebesar 0,000 < 0,05 sehingga hipotesis dalam penelitian ini diterima. Dinyatakan layanan penguasaan konten dengan teknik modeling simbolik efektif dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di SMP Negeri 22 Kota Jambi. Kata Kunci : Kesulitan Belajar, Layanan Penguasaan Konten, Teknik Modeling simbolik
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Sulastri |
Date Deposited: | 11 Sep 2024 07:33 |
Last Modified: | 11 Sep 2024 07:33 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/70539 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |