Implementasi Model Case Based Learning (CBL) dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA

Bella, Yuna (2024) Implementasi Model Case Based Learning (CBL) dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (630kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (792kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (782kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (664kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (691kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (761kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Pembelajaran pada abad 21, lebih menekankan pembelajaran yang berorientasi student centered yaitu pembelajaran yang berpusat pada siswa. Orientasinya adalah mengoptimalkan kemampuan 4C siswa dengan melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran. Salah satu kemampuan 4C yang perlu dilatihkan adalah kemampuan berpikir kreatif. Apabila kemampuan berpikir kreatif siswa rendah atau belum optimal dapat menyebabkan siswa kurang mampu menyelesaikan suatu permasalahan dalam pembelajaran. Salah satu model pembelajaran melibatkan siswa secara aktif adalah model pembelajaran berbasis kasus (Case Based Learning). Model CBL dapat melatih siswa lebih mengoptimalkan kemampuan berpikir kreatifnya. Dengan demikian penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana implementasi model Case Based Learning (CBL) dan pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 11 Kota Jambi tahun ajaran 2023/2024. Desain penelitian yang digunakan adalah pretes-posttest control group design, dimana kelompok eksperimen dan kelompok kontrol mendapatkan pretest dan postest. Subyek penelitian fase E7 (eksperimen) dan fase E4 (kontrol). Fase eksperimen menggunakan model Case Based Learning dan fase kontrol menggunakan model Inquiry Learning. Data dikumpul melalui teknik tes dan nontes. Instrumen test berupa pretes dan postes untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa, sedangkan nontes dilakukan dengan wawancara dan observasi keterlaksanaan sintaks pembelajaran. Data kemampuan berpikir kreatif siswa dianalisis menggunakan One Way Ancova. Berdasarkan hasil penelitian indikator kemampuan berpikir kreatif siswa sebelum diterapkan model Case Based Learning menenjukkan kategori cukup kreatif, yaitu kelancaran (51%), keluwesan (41%), keaslian (60%), dan elaborasi (55%). Sedangkan indikator kemampuan berpikir kreatif siswa setelah diterapkan diterapkan model Case Based Learning menenjukkan kategori kreatif, yaitu kelancaran (74%), keluwesan (69%), keaslian (78%), dan elaborasi (76%). Kemudian terdapat peningkatan hasil belajar siswa ditunjukkan dari rata-rata nilai hasil belajar siswa 51,93 sebelum diterapkan model Case Based Learning dan 74,46 setelah diterapkannya model Case Based Learning. Disimpulkan bahwa implementasi model Case Based Learning dan pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dengan mengontrol pengetahuan awal (pretes) siswa menunjukkan model Case Based Learning terbukti berpengaruh terhadap indikator kemampuan berpikir kreatif siswa.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Model Case Based Learning, Kemampuan Berpikir Kreatif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: BELLA
Date Deposited: 25 Sep 2024 03:29
Last Modified: 15 Oct 2025 07:27
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/70788

Actions (login required)

View Item View Item