Dananti, Ajeng Ayu (2024) Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dan Creative Problem Solving (CPS) dengan Strategi Metakognitif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis siswa di SMP. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilator belakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII SMPN 22 Kota Jambi serta model pembelajaran yang diterapkan di kelas tidak menjadikan siswa aktif dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diberi perlakuan dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL) dengan Strategi Metakognitif Dan Creative Problem Solving (CPS) dengan Strategi Metakognitif dengan pembelajaran langsung (Direct Intruction). Penelitian ini dilakukan di SMPN 22 Kota Jambi pada April 2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode True Experimental Design menggunakan Posttes-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 22 Kota Jambi pada tahun ajaran 2023/2024, sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Pembelajaran pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan. Data penelitian diperoleh dari hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Berdasarkan uji ANOVA One Way diperoleh nilai signifikansi 0,00 < 0,05. Adapun hasil uji asumsi yang dilakukan yaitu uji normalitas dengan nilai signifikansi ≥ 0.05 dan uji homogenitas sebesar 0.418. Dari penelitian ini dapat dikatakan
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | CPS; PBL; mathematical problem solving |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | DANANTI |
Date Deposited: | 03 Oct 2024 06:38 |
Last Modified: | 03 Oct 2024 06:38 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/71032 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |