Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dan Creative Problem Solving (CPS) dengan Strategi Metakognitif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis siswa di SMP

Dananti, Ajeng Ayu (2024) Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dan Creative Problem Solving (CPS) dengan Strategi Metakognitif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis siswa di SMP. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilator belakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII SMPN 22 Kota Jambi serta model pembelajaran yang diterapkan di kelas tidak menjadikan siswa aktif dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diberi perlakuan dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL) dengan Strategi Metakognitif Dan Creative Problem Solving (CPS) dengan Strategi Metakognitif dengan pembelajaran langsung (Direct Intruction). Penelitian ini dilakukan di SMPN 22 Kota Jambi pada April 2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode True Experimental Design menggunakan Posttes-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 22 Kota Jambi pada tahun ajaran 2023/2024, sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Pembelajaran pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan. Data penelitian diperoleh dari hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Berdasarkan uji ANOVA One Way diperoleh nilai signifikansi 0,00 < 0,05. Adapun hasil uji asumsi yang dilakukan yaitu uji normalitas dengan nilai signifikansi ≥ 0.05 dan uji homogenitas sebesar 0.418. Dari penelitian ini dapat dikatakan

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: CPS; PBL; mathematical problem solving
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: DANANTI
Date Deposited: 03 Oct 2024 06:38
Last Modified: 03 Oct 2024 06:38
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/71032

Actions (login required)

View Item View Item