Pengembangan e-Modul Kimia Hijau (Green Chemistry) Berbasis Kontekstual Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka

Shafitri, Yulia and Syahri, Wilda and Yusnidar, Yusnidar (2024) Pengembangan e-Modul Kimia Hijau (Green Chemistry) Berbasis Kontekstual Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (276kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (308kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (280kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (175kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (392kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (286kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Abstrak Penggunaan e-Modul dapat membantu terlaksananya pembelajaran kimia yang lebih efektif, mandiri dan mampu meningkatkan pemahaman materi peserta didik yang fleksibel dan praktis dengan visualisasi bahan ajar yang menarik. Pendekatan kontekstual merupakan pendekatan Pembelajaran yang mengaitkan materi pembelajaran dengan konteks kehidupan sehari-hari, sehingga peserta didik memiliki kemampuan untuk membuat koneksi antara pengetahuan yang diperolehnya dengan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pengembangan e-Modul, kelayakan menurut ahli materi, ahli media, penilaian guru dan respon peserta didik pada e-Modul yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan Lee & Owens. Produk hasil pengembangan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media serta guru yang selanjutnya dilakukan uji coba satu-satu dan kelompok kecil. Teknik analisis data yang digunakan yaitu data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian ini diperoleh rerata skor dari ahli materi sebesar 4,3 (Sangat Layak), ahli media sebesar 4,2 (Sangat Layak). Selanjutnya penilaian guru sebesar 4,2 (Sangat Layak), serta mendapat respon sangat baik oleh peserta didik dengan persentase uji coba satu-satu 90,22% dan uji coba kelompok kecil sebesar 94,8%. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa e-Modul kimia hijau (green chemistry) berbasis kontekstual dalam implementasi kurikulum merdeka dinyatakan layak oleh ahli materi, ahli media, dan guru serta mendapatkan respon sangat baik oleh peserta didik. Abstract The use of e-Modules can help implement chemistry learning that is more effective, independent and able to increase students' understanding of material in a flexible and practical way with attractive visualization of teaching materials. The contextual approach is a learning approach that links learning material to the context of everyday life, so that students have the ability to make connections between the knowledge they have acquired and its application in everyday life. This research aims to find out how the e-Module development process is, its feasibility according to material experts, media experts, teacher assessments and student responses to the e-Module being developed. This research is development research that uses the Lee & Owens development model. The developed product is validated by material experts and media experts as well as teachers and then tested one-on-one and in small groups. The data analysis techniques used are qualitative data and quantitative data analysis. The results of this research obtained an average score from material experts of 4.3 (Very Appropriate), media experts of 4.2 (Very Appropriate). Furthermore, the teacher's assessment was 4.2 (Very Appropriate), and received a very good response from students with a percentage of one-on-one trials of 90.22% and small group trials of 94.8%. Based on the results obtained, it can be concluded that the contextually based green chemistry e-Module in implementing the independent curriculum was declared feasible by material experts, media experts and teachers and received a very good response from students.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: e-Modul, Kimia Hijau, Kontekstual, Kurikulum Merdeka.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Shafitri
Date Deposited: 09 Oct 2024 03:10
Last Modified: 09 Oct 2024 03:10
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/71249

Actions (login required)

View Item View Item