Uji Validitas Isi Modul Seriation Untuk Meningkatkan Kemampuan Seriasi pada Anak Tunagrahita Ringan di SLB Prof. Dr. Sri Soedewi Masjchun Sofwan, SH

Arini, Febby Thasya (2024) Uji Validitas Isi Modul Seriation Untuk Meningkatkan Kemampuan Seriasi pada Anak Tunagrahita Ringan di SLB Prof. Dr. Sri Soedewi Masjchun Sofwan, SH. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (27kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (117kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (53kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (14kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

LATAR BELAKANG Kemampuan seriasi adalah tahapan penting dalam perkembangan kognitif. Observasi pada anak usia 10-14 tahun di salah satu Sekolah Luar Biasa menunjukkan hambatan yang mengarah pada kemampuan seriasi anak tunagrahita ringan yang belum sesuai usianya. Oleh karena itu, diperlukan intervensi berupa stimulasi melalui modul Seriation untuk meningkatkan kemampuan seriasi anak tunagrahita ringan di SLB Prof. Dr. Sri Soedewi Masjchun Sofwan, SH. TUJUAN Untuk mengetahui hasil uji validitas isi modul seriation untuk meningkatkan kemampuan seriasi pada anak tunagrahita ringan di SLB Prof. Dr. Sri Soedewi Masjchun Sofwan, SH. METODE Penelitian menggunakan metode uji validitas isi modul yang menggunakan Aiken's V sebagai teknik analisis. Data diperoleh melalui validasi expert judgement bersama validator psikolog bidang klinis anak, psikolog bidang pendidikan, dan guru SLB. HASIL Hasil validitas isi modul seriation menunjukkan rentang skor Aiken's V 0,67- 0,91 dengan rata-rata skor 0,80 yang dapat diinterpretasikan tinggi. Rentang angka V yang lebih tinggi dari 0,50 mengindikasikan validitas isi yang baik. Maka, modul seriation dinyatakan layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan seriasi anak tunagrahita ringan di SLB tersebut. KESIMPULAN DAN SARAN Modul seriation dengan rata-rata skor Aiken's V 0,80 diindikasikan memiliki validitas isi yang baik dan layak digunakan karena berada diatas 0,50. Maka, penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi dalam memberikan kegiatan untuk meningkatkan kemampuan seriasi anak tunagrahita ringan. Kata kunci: Uji Validitas Isi, Modul, Kemampuan Seriasi, Anak Tunagrahita Ringan

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Uji Validitas Isi, Modul, Kemampuan Seriasi, Anak Tunagrahita Ringan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Psikologi
Depositing User: ARINI
Date Deposited: 28 Oct 2024 02:18
Last Modified: 28 Oct 2024 02:18
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/71747

Actions (login required)

View Item View Item