Arini, Febby Thasya (2024) Uji Validitas Isi Modul Seriation Untuk Meningkatkan Kemampuan Seriasi pada Anak Tunagrahita Ringan di SLB Prof. Dr. Sri Soedewi Masjchun Sofwan, SH. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (27kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (117kB) |
![]() |
Text
BAB I.docx Download (53kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (14kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (19MB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (88kB) |
Abstract
LATAR BELAKANG Kemampuan seriasi adalah tahapan penting dalam perkembangan kognitif. Observasi pada anak usia 10-14 tahun di salah satu Sekolah Luar Biasa menunjukkan hambatan yang mengarah pada kemampuan seriasi anak tunagrahita ringan yang belum sesuai usianya. Oleh karena itu, diperlukan intervensi berupa stimulasi melalui modul Seriation untuk meningkatkan kemampuan seriasi anak tunagrahita ringan di SLB Prof. Dr. Sri Soedewi Masjchun Sofwan, SH. TUJUAN Untuk mengetahui hasil uji validitas isi modul seriation untuk meningkatkan kemampuan seriasi pada anak tunagrahita ringan di SLB Prof. Dr. Sri Soedewi Masjchun Sofwan, SH. METODE Penelitian menggunakan metode uji validitas isi modul yang menggunakan Aiken's V sebagai teknik analisis. Data diperoleh melalui validasi expert judgement bersama validator psikolog bidang klinis anak, psikolog bidang pendidikan, dan guru SLB. HASIL Hasil validitas isi modul seriation menunjukkan rentang skor Aiken's V 0,67- 0,91 dengan rata-rata skor 0,80 yang dapat diinterpretasikan tinggi. Rentang angka V yang lebih tinggi dari 0,50 mengindikasikan validitas isi yang baik. Maka, modul seriation dinyatakan layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan seriasi anak tunagrahita ringan di SLB tersebut. KESIMPULAN DAN SARAN Modul seriation dengan rata-rata skor Aiken's V 0,80 diindikasikan memiliki validitas isi yang baik dan layak digunakan karena berada diatas 0,50. Maka, penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi dalam memberikan kegiatan untuk meningkatkan kemampuan seriasi anak tunagrahita ringan. Kata kunci: Uji Validitas Isi, Modul, Kemampuan Seriasi, Anak Tunagrahita Ringan
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Uji Validitas Isi, Modul, Kemampuan Seriasi, Anak Tunagrahita Ringan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Psikologi |
Depositing User: | ARINI |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 02:18 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 02:18 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/71747 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |