Herliyani, Nindi (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Aplikasi Android Berbantuan Kodular Pada Materi Virus Kelas X SMA. S1 thesis, Fkip.
![]() |
Text
Nindi Herliyani_A1C419016_PENDIDIKAN_PENGEMBANGAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (109kB) |
![]() |
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (23kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (39kB) |
![]() |
Text
Bab I.pdf Download (207kB) |
![]() |
Text
Bab V.pdf Download (189kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (425kB) |
Abstract
Herliyani, Nindi. 2024. Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Aplikasi Android Berbantuan Kodular Pada Materi Virus Kelas X SMA. Skripsi Program Studi Pendidikan Bilogi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing : (I) Dra. Harlis, M.Si (II) M. Erick Sanjaya, S.Pd.,M.Pd Kata kunci :Multimedia Interaktif, Android, Virus Peningkatan kualitas pendidikan dapat dilakukan dengan pengembangan media pembelajaran yang memanfaatkan teknologi salah satunya media aplikasi. Media pembelajaran yang dibuat menggunakan Software Kodular merupakan produk pendidikan berupa aplikasi android mencakup materi virus kelas X SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis aplikasi pada smartphone android yang bermuatan konten materi virus kelas X dan untuk melihat kelayakan media pembelajaran Multimedia Interaktif aplikasi android pada materi virus. Penelitian ini merupakan penelitian R&D (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik analisis data yang dilakukan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif, dengan instrument pengumpulan data berupa lembar wawancara dan angket Google Form, angket validasi oleh validator serta angket penilaian guru dan respon peserta didik. Subjek penelitian pada penelitian yaitu peserta didik kelas X SMA Negeri 3 Batang Hari. Uji coba dilakukan kepada 8 peserta didik dalam kelompok kecil dan 22 peserta didik dalam kelompok besar. Hasil akhir validasi materi oleh validator ahli materi memperoleh nilai sebesar 81,25% dengan kategori sangat baik, dan hasil akhir validasi ahli media memperoleh nilai 84,37% dengan kategori sangat baik. Hasil penilaian guru mata pelajaran Biologi diperoleh persentase penilaian 92,18% dengan kategori sangat baik, serta hasil uji coba peserta didik pada uji coba kelompok kecil memperoleh nilai 93,22% dengan kategori sangat baik, dan kelompok besar memperoleh nilai 91,76% dengan kategori sangat baik, sehingga berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran multimedia interaktif aplikasi android pada materi virus layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Informasi Tambahan: | - |
Uncontrolled Keywords: | Multimedia Interaktif, Android, Virus |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Herliyani |
Date Deposited: | 12 Nov 2024 04:37 |
Last Modified: | 12 Nov 2024 04:38 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/71990 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |