HUBUNGAN KEIKUTSERTAAN MAHASISWA DALAM KELOMPOK BELAJAR DENGAN INDEKS PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA DI PROGRAM STUDI KEDOKTERAN FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS JAMBI

Humaira, Aisyah (2024) HUBUNGAN KEIKUTSERTAAN MAHASISWA DALAM KELOMPOK BELAJAR DENGAN INDEKS PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA DI PROGRAM STUDI KEDOKTERAN FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
G1A121010_Aisyah Humaira_SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Cover.pdf

Download (40kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan dan Pengesahan.pdf

Download (356kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (155kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (97kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (126kB)

Abstract

Latar Belakang : Sistem pembelajaran di pendidikan kedokteran cukup padat dan beragam sehingga dibutuhkan kontribusi aktif dari mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu sistem pembelajaran yang ada ialah belajar mendiri dalam kelompok belajar. Terdapat banyak faktor yang dapat mempengaruhi indeks prestasi akademik salah satunya ialah kelompok belajar. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kelompok belajar dengan indeks prestasi akademik mahasiswa Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan desain cross sectional. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik total sampling dengan sampel yang didapat sebanyak 177 responden. Pengambilan data dilakukan dengan pengisian kusioner dan mengolah data sekunder dari bagian akademik Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi. Hasil : Dari 177 responden 85,9% diantaranya memiliki kelompok belajar. Berdasarkan hasil uji chi-square mengenai hubungan kelompok belajar dengan indeks prestasi akademik didapati p-value 0,515. Untuk hubungan antara jumlah anggota kelompok belajar dengan indeks prestasi akademik didapati p-value 0,003. Hubungan durasi belajar dengan indeks prestasi akademik didapati p-value 0,745. Dan hubungan frekuensi belajar dengan indeks prestasi akademik dengan p-value 0,602. Kesimpulan : Tidak adanya hubungan antara kelompok belajar dengan indeks prestasi akademik mahasiswa di Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi. Kata Kunci : Kelompok belajar, Indeks prestasi akademik, Pendidikan kedokteran.

Type: Thesis (S1)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Kedokteran
Depositing User: Humaira
Date Deposited: 07 Jan 2025 03:52
Last Modified: 07 Jan 2025 03:52
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/73050

Actions (login required)

View Item View Item