Muhammad Khoirul, Abdillah (2025) Strategi Manajemen Ekstrakurikuler Pramuka Untuk Meningkatkan Karakter Disiplin Peserta Didik di SMP Negeri 30 Muaro Jambi. S2 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Cover Khairul.pdf Download (296kB) |
![]() |
Text
lembar pengesahan.pdf Download (386kB) |
![]() |
Text
Abstrak Khairul.pdf Download (578kB) |
![]() |
Text
Bab I.pdf Download (513kB) |
![]() |
Text
Bab V Khairul.pdf Download (375kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka Khoirul.pdf Download (603kB) |
![]() |
Text
Full Thesis Khairul.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Pendidikan karakter merujuk pada upaya membentuk watak peserta didik agar sesuai dengan nilai etika yang seharusnya. Penyimpangan karakter peserta didik seperti membolos sekolah perlu untuk diperhatikan, salah satunya dengan pendidikan karakter melalui ektrakurikuler seperti pramuka. Pramuka di yakini dapat membentuk karakter peserta didik, selain itu pramuka memiliki sebuah kode etik yang harus ditaati anggotanya, kode etik ini mengatur tentang cara anggota pramuka beretika. Peraturan wajib pramuka sudah dilaksanakan sejak 2014, namun SMP Negeri 30 Muaro Jambi baru melaksankan ektrakurikuler pramuka wajib pada tahun 2022, melihat fenomena tersebut maka di perlukan manajemen yang tepat agar ektrakurikuler pramuka dapat bermanfaat bagi peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi ektrakurikuler pramuka untuk meningkatkan karakter disiplin peserta didik di SMP Negeri 30 Muaro Jambi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang digunakan untuk mendeskripsikan dengan kata-kata tentang sebuah kegiatan, program, dan kelompok. Hasil penelitian menemukan bahwa perencanaan ektrakurikuler pramuka di SMP Negeri 30 Muaro Jambi dilakukan dengan rapat, menentukan pembina, membuat SK dan pembina pramuka membuat program kerja. Program kerja yang di bentuk berkaitan dengan visi dan misi sekolah, selain itu program kerja yang dibentuk juga sudah berorientasi pada karakter disiplin. Pelaksanaan di awali dengan kebijakan bahwa peserta didik wajib untuk mengikuti ektrakurikuler pramuka, hal dari pelaksanaan menemukan adanya perubahan karakter disiplin peserta didik secara perlahan, dan pelaksanaan di ikuti oleh seluruh elemen sekolah. Evaluasi dilakukan secara fleksibel dan hanya pada kepala sekolah, waka kesiswaan, waka kurikulum dan pembina pramuka. Sarana prasarana dan kesepakatan bersama menjadi faktor pendukung sedangkan karakter peserta didik yang berbeda-beda menjadi faktor penghambat. Pada penelitian ini dilakukan dengan jumlah patisipan 3 orang, fokus manajemen hanya berkaitan dengan peningkatan karakter disiplin peserta didik.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | disiplin, pramuka, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Muhamad Khoirul Abdillah |
Date Deposited: | 06 Jan 2025 04:18 |
Last Modified: | 06 Jan 2025 04:19 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/73277 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |