Desma Hosiana, Fegi Tri (2024) ANALISIS PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN EKSTROVERT DAN INTROVERT PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII SMP. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK .pdf Download (15kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (166kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (20kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (58kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (99kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (340kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisiskemampuan pemecahan masalah matematika siswa extrovert dan introvert dikelas VIII SMP dalam menyelesaikan soal matematika serta mengetahui perbedaankemampuan pemecahan masalah siswa extrovert dan introvert dalam memenuhi tahapan pemecahan masalah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada SMP Negeri 9 Tebo. Subjek pada penelitian ini terdiri dari 4 orang siswa yaitu, 2 siswa ekstrovert dan 2 siswa introvert. Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa diukur berdasarkan tahapan pemecahan masalah, yaitu meliputi memahami masalah, merencanakan pemecahan masalah, melaksanakan pemecahan masalah, dan memeriksa kembali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memiliki kepribadian extrovert (SE-1 dan SE-2) belum dapat mengerjakan tes kemampuan pemecahan masalah dengan hanya dua tahap terpenuhi yaitu memahami masalah dan merencanakanpemecahan masalah. Siswa yang memiliki kepribadian introvert (SI-1 dan SI-2)sudah dapat mengerjakan tes kemampuan pemecahan masalah matematis secara urutyaitu memahami masalah, merencanakan pemecahan masalah, melaksanakan pemecahan masalah dan memeriksa kembali. Secara keseluruhan terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis yang diberikan oleh peneliti padatahapan melaksanakan pemecahan masalah dan memeriksa kembali. Dilihat darilembar jawaban pada tahapan melaksanakan pemecahan masalah dan memeriksa kembali hanya dipenuhi oleh subjek introvert (SI-1 dan SI-2), sedangkan subjek extrovert (SE-1 dan SE-2) belum memenuhi tahapan melaksanakan pemecahanmasalah dan memeriksa kembali.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Ekstrovert dan Introvert |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | HOSIANA |
Date Deposited: | 06 Jan 2025 02:39 |
Last Modified: | 06 Jan 2025 02:39 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/73370 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |