Gunawan, Hendra (2025) Pengaruh Komptensi Guru, Iklim Sekolah terhadap Implementasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Dimediasi oleh Self Efficacy Guru di SMA Negeri se Kabupaten Merangin. S2 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Cover HENDRA.pdf Download (24kB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan Tesis HG.pdf Download (256kB) |
![]() |
Text
Abstrak Hendra.pdf Download (229kB) |
![]() |
Text
BAB 1 Hendra.pdf Download (363kB) |
![]() |
Text
BAB V Hendra.pdf Download (233kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka Hendra.pdf Download (460kB) |
![]() |
Text
Full TESIS HENDRA.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi guru terhadap implementasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Se Kabupaten Merangin. Untuk mengetahui pengaruh Iklim sekolah terhadap implementasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Se Kabupaten Merangin. Untuk mengetahui pengaruh Self Efficacy Guru terhadap implementasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Se Kabupaten Merangin. Untuk mengetahui pengaruh kompetensi guru, iklim sekolah dan Self Efficacy guru terhadap implementasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Se Kabupaten Merangin. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Pendekatan penelitian ini menggunakan kuantitatif yang fokus pada Pengaruh Komptensi Guru, Iklim Sekolah terhadap Implementasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Dimediasi oleh Self Efficacy Guru di SMA Negeri se Kabupaten Merangin. Hasil penelitian menunjukan Pengaruh Kompetensi guru, meliputi aspek kepribadian, pedagogik, sosial, dan profesional, berpengaruh signifikan terhadap implementasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). Kompetensi ini membantu guru dalam memberikan pengajaran yang efektif, memotivasi siswa, dan memahami kebutuhan siswa selama proses asesmen. Pengaruh Iklim sekolah yang positif, mencakup aspek keamanan, hubungan siswa-guru, kolaborasi antar guru, dan ketersediaan sumber daya, secara langsung memengaruhi hasil ANBK. Lingkungan yang mendukung memungkinkan proses pembelajaran dan asesmen berlangsung dengan optimal. Serta Tingkat keyakinan diri (Self efficacy) guru menjadi mediator penting antara kompetensi guru dan hasil ANBK. Guru yang percaya pada kemampuannya lebih mampu memotivasi siswa, menghadapi tantangan, dan menciptakan suasana belajar yang produktif
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Guru, Iklim Sekolah, Implementasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Mediasi Oleh Self Efficacy Guru Di SMA Negeri Se Kabupaten Merangin. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Hendra Gunawan |
Date Deposited: | 06 Jan 2025 04:19 |
Last Modified: | 06 Jan 2025 04:19 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/73412 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |