Pengaruh Komptensi Guru, Iklim Sekolah terhadap Implementasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Dimediasi oleh Self Efficacy Guru di SMA Negeri se Kabupaten Merangin

Gunawan, Hendra (2025) Pengaruh Komptensi Guru, Iklim Sekolah terhadap Implementasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Dimediasi oleh Self Efficacy Guru di SMA Negeri se Kabupaten Merangin. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Cover HENDRA.pdf

Download (24kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan Tesis HG.pdf

Download (256kB)
[img] Text
Abstrak Hendra.pdf

Download (229kB)
[img] Text
BAB 1 Hendra.pdf

Download (363kB)
[img] Text
BAB V Hendra.pdf

Download (233kB)
[img] Text
Daftar Pustaka Hendra.pdf

Download (460kB)
[img] Text
Full TESIS HENDRA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi guru terhadap implementasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Se Kabupaten Merangin. Untuk mengetahui pengaruh Iklim sekolah terhadap implementasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Se Kabupaten Merangin. Untuk mengetahui pengaruh Self Efficacy Guru terhadap implementasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Se Kabupaten Merangin. Untuk mengetahui pengaruh kompetensi guru, iklim sekolah dan Self Efficacy guru terhadap implementasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Se Kabupaten Merangin. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Pendekatan penelitian ini menggunakan kuantitatif yang fokus pada Pengaruh Komptensi Guru, Iklim Sekolah terhadap Implementasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Dimediasi oleh Self Efficacy Guru di SMA Negeri se Kabupaten Merangin. Hasil penelitian menunjukan Pengaruh Kompetensi guru, meliputi aspek kepribadian, pedagogik, sosial, dan profesional, berpengaruh signifikan terhadap implementasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). Kompetensi ini membantu guru dalam memberikan pengajaran yang efektif, memotivasi siswa, dan memahami kebutuhan siswa selama proses asesmen. Pengaruh Iklim sekolah yang positif, mencakup aspek keamanan, hubungan siswa-guru, kolaborasi antar guru, dan ketersediaan sumber daya, secara langsung memengaruhi hasil ANBK. Lingkungan yang mendukung memungkinkan proses pembelajaran dan asesmen berlangsung dengan optimal. Serta Tingkat keyakinan diri (Self efficacy) guru menjadi mediator penting antara kompetensi guru dan hasil ANBK. Guru yang percaya pada kemampuannya lebih mampu memotivasi siswa, menghadapi tantangan, dan menciptakan suasana belajar yang produktif

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Guru, Iklim Sekolah, Implementasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Mediasi Oleh Self Efficacy Guru Di SMA Negeri Se Kabupaten Merangin.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Hendra Gunawan
Date Deposited: 06 Jan 2025 04:19
Last Modified: 06 Jan 2025 04:19
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/73412

Actions (login required)

View Item View Item