Putri, Belynda Salsa (2024) ANALISIS INTENSITAS PENGGUNAAN TIKTOK TERHADAP KREATIVITAS SISWA GENERASI Z DI SMA N 4 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI - Abstrak.pdf Download (8kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI - BAB I.pdf Download (168kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI - BAB V.pdf Download (10kB) |
![]() |
Text
cover.pdf Download (27kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI - Daftar Pustaka.pdf Download (80kB) |
![]() |
Text
Full Skripsi Belynda Salsa Putri.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan_Belynda.pdf Download (7MB) |
Abstract
Generasi Z (Gen Z) merupakan contoh generasi digital native yang mengalami perkembangan teknologi digital sejak usia dini. Tujuan pada penelitian ini untuk mengungkapkan proporsi intensitas penggunaan aplikasi TikTok pada siswa Tiktokers di SMA N 4 Kota Jambi dan untuk mendeskripsikan penggunaan aplikasi TikTok apakah dapat membentuk kreativitas siswa Tiktokers di SMA N 4 Kota Jambi. Penelitian ini dibatasi pada siswa yang aktif dalam membuat konten tiktok dan juga intens dalam menggunakan tiktok sehingga dapat menciptakan suatu hal yang kreatif dan dapat menginovasi pengguna tiktok lainnya, yang tentunya sesuai gaya masing-masing siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Peneliti menggunakan hasil wawancara yang didapatkan dari responden penelitian dan observasi di SMA N 4 Kota Jambi, responden yang merupakan anggota OSIS bidang Informasi dan Teknologi (IT). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa, 1) Intensitas penggunaan aplikasi TikTok pada siswa Tiktokers di SMA N 4 Kota Jambi ditunjukkan dengan frekuensi penggunaan TikTok dalam sehari yang menunjukkan angka 2- 4 kali dengan akurasi waktu sekitar 4 jam. Intensitas penggunaan aplikasi TikTok yang semakin tinggi tergantung pada waktu luang yang dimiliki siswa. Dengan frekuensi dan durasi yang tinggi ini, siswa umumnya mengamati berbagai konten TikTok dan menciptakan video kreatif berdasarkan konten yang tersebar luas di aplikasi TikTok yang telah diamati tersebut. 2) Secara keseluruhan, penggunaan aplikasi tiktok dalam membentuk kreativitas siswa TikTokers di SMA N 4 Kota Jambi berkontribusi signifikan dalam mendukung kelancaran ide, fleksibilitas dalam pemecahan masalah dibidang Pendidikan, hobi dan hiburan, sebagai sumber inspirasi untuk menciptakan konten baru yang unik dan kreatif, penguraian ide dengan memanfaatkan fitur-fitur TikTok, dan perumusan kembali konten menjadi konten menarik yang sesuai dengan minat, ciri khas, dan tren yang sedang berkembang. TikTok bukan hanya platform untuk berbagi video tetapi juga alat yang efektif untuk memfasilitasi berbagai aspek kreativitas dan pembelajaran siswa, baik dalam konteks akademis maupun non-akademis. Kata kunci: Generasi Z, Tiktok, Kreativitas
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Generasi Z, Tiktok, Kreativitas |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | PUTRI |
Date Deposited: | 06 Jan 2025 08:01 |
Last Modified: | 06 Jan 2025 08:02 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/73477 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |