Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dalam Digitalisasi Pendidikan (Studi Kasus Di SMA IT Nurul ’Ilmi Jambi)

SUDIONO, HELIK (2025) Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dalam Digitalisasi Pendidikan (Studi Kasus Di SMA IT Nurul ’Ilmi Jambi). S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (272kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (203kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (189kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (63kB)
[img] Text
Dapus.pdf

Download (205kB)
[img] Text
FULL FINAL TESIS 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (117kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan memperoleh informasi mengenai kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam digitalisasi pendidikan di SMA IT Nurul ‘Ilmi Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan utama dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam digitalisasi pendidikan di SMA IT Nurul ‘Ilmi Jambi adalah : Dimensi Idealized Influence dengan menjadi inspirasi bagi para guru dalam penggunaan teknologi dalam menjalankan tugas, belum manjadikan digitalisasi pendidikan dalam visi dan misi sekolah, akan tetapi senantiasa mendorong guru untuk meningkatkan kompetensi digital melalui pelatihan peningkatan kompetensi digital guru. Dimensi Individualized consederation, memberikan kesempatan kepada guru untuk menyampaikan ide dan gagasannya di forum rapat bulanan atau mingguan. kemudian moto dalam menjalankan tugas di sekolah adalah “Semua orang bisa bahagia menjalankan program), memberikan reward kepada guru yang melakukan inovasi. Dimensi Intellectual stimulation, mendorong para guru dan staf untuk melakukan inovasi dalam digitalisasi pendidikan melaui pelatihan-pelatihan. Dan dimensi Inspirational Motivation, adalah dengan memberikan motivasi kepada guru-guru untuk menggunakan teknologi dalam pembelajaran, dan juga kepala sekolah sendiri menerapakan pembeljaran digital saat mengajar, mengajak guru dan staf untuk fokus terhadap tujuan atau cita-cita sekolah dengan menyampaikannya secara berulang di setiap rapat.

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan; transformasional; kepala sekolah; digitalisasi; pendidikan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: HELIK SUDIONO
Date Deposited: 08 Jan 2025 06:41
Last Modified: 08 Jan 2025 06:41
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/73691

Actions (login required)

View Item View Item