Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Kepuasan dan Motivasi Kerja Guru terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri se-Kabupaten Muaro Jambi

Lasmita, Lasmita (2025) Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Kepuasan dan Motivasi Kerja Guru terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri se-Kabupaten Muaro Jambi. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (13kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (354kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (161kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (28kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (285kB)
[img] Text
FULL TESIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (129kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat, mengetahui, serta meneliti gambaran pengaruh kepemimpinan transformasional, kepuasan kerja, dan motivasi kerja terhadap kinerja guru di SMP Negeri Se-Kabupaten Muaro Jambi. Penelitian ini dilakukan di semua SMP Negeri yang ada di Kabupaten Muaro Jambi. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data yang dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada guru-guru di SMP Negeri. Data dianalisis menggunakan metode statistik deskriptif dan inferensial untuk mengetahui hubungan antara variabel-variabel yang diteliti. Temuan dari penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai dasar dalam pengambilan kebijakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Muaro Jambi untuk meningkatkan kualitas kinerja guru dan sistem pendidikan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kepemimpinan transformasional, kepuasan, dan motivasi kerja guru terhadap kinerja guru di SMP Negeri Se-Kabupaten Muaro Jambi. Kepemimpinan transformasional yang menginspirasi, memberikan arahan yang jelas, dan mendukung perkembangan individu guru berdampak langsung pada kinerja mereka di kelas. Selain itu, kepuasan kerja yang tinggi membuat guru merasa dihargai, nyaman, dan berkesempatan untuk berkembang, sehingga mereka cenderung menunjukkan kinerja yang lebih baik. Namun, motivasi kerja, meskipun penting, tidak cukup kuat sebagai prediktor tunggal kinerja guru, sehingga perlu didukung faktor lain. Secara keseluruhan, kepemimpinan transformasional dan kepuasan kerja yang tinggi meningkatkan motivasi kerja dan kinerja guru secara signifikan

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Transformasional, Kepuasan kerja, Motivasi Kerja, Kinerja Guru
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: LASMITA
Date Deposited: 10 Jan 2025 02:23
Last Modified: 10 Jan 2025 02:23
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/73823

Actions (login required)

View Item View Item