Hubungan Antara Keterlibatan Mengikuti Ekstrakurikuler Kepramukaan Dengan Kecerdasan Sosial Pada Mahasiswa

Delvita, Ayu Ilma (2025) Hubungan Antara Keterlibatan Mengikuti Ekstrakurikuler Kepramukaan Dengan Kecerdasan Sosial Pada Mahasiswa. S1 thesis, Psikologi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (174kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (458kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (170kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (415kB)
[img] Text
cover.docx

Download (24kB)
[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (302kB)

Abstract

LATAR BELAKANG Proses interaksi diperguruan tinggi sering terjadi antara dosen dan mahasiswa, sehingga perilaku etis mahasiswa akan menentukan cara berbicara, berinteraksi, mendengarkan dan berdiskusi di kelas. Namun, diperguruan tinggi saat ini mahasiswa tidak memperhatikan etika dan tata krama terhadap dosen. Sedangkan, salah satu syarat agar mahasiswa sukses menuntut ilmu di perguruan tinggi ialah dengan bersikap positif terhadap dosen. Adapun sebuah kecerdasan sosial menajadi salah satu kemampuan mahasiswa untuk dapat beradaptasi dengan baik terhadap lingkungannya. Kecerdasan yang dimiliki oleh mahasiswa perlu dilatih dan ditingkatkan melalui salah satu kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan. Adanya keterlibatan mahasiswa pada ekstrakurikuler kepramukaan dapat melatih keterampilan serta kemampuan adaptasi individu. Hal tersebut menjadikan peneliti tertarik untuk meneliti hubungan antara keterlibatan mengikuti ekstrakurikuler kepramukaan dengan kecerdasan sosial pada mahasiswa. TUJUAN Untuk melihat hubungan keterlibatan mengikuti ekstrakurikuler kepramukaan dengan kecerdasan sosial pada mahasiswa METODE Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa yang aktif atau pernah mengikuti ekstrakurikuler kepramukaan. Teknik pengambilan sampel menggunakan Tabel Issac dan Michael dengan jumlah sampel sebanyak 355 orang. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner menggunakan google form. HASIL Penelitian ini ditemukan adanya hubungan positif dan signifikan antara keterlibatan mengikuti ekstrakurikuler kepramukaan dengan kecerdasan sosial pada mahasiswa dengan r sebesar 0.210 p value <0.001 dan berada pada kategori lemah. KESIMPULAN Penelitian ini yaitu terdapat hubungan positif dan signifikan antara keterlibatan mengikuti ekstrakurikuler kepramukaan dengan kecerdasan sosial pada mahasiswa yang dimana kecerdasan sosial mahasiswa berada pada kategori sedang dengan proporsi 39%, dan keterlibatan mahasiswa mengikuti ekstrakurikuler kepramukaan berada pada kategori tinggi dengan proporsi 36%. Kata Kunci : Kecerdasan Sosial, Keterlibatan, Ekstrakurikuler Kepramukaan

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Sosial, Keterlibatan, Ekstrakurikuler Kepramukaan
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Delvita
Date Deposited: 10 Jan 2025 03:30
Last Modified: 10 Jan 2025 03:30
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/73910

Actions (login required)

View Item View Item