Hakim, Zulfan (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Bilangan Berpangkat Bulat Di SMP Negeri 5 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (157kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (245kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (99kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (112kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (183kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK Hakim, Zulfan, 2024. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Bilangan Berpangkat Bulat Di SMP Negeri 5 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Prof. Dr. Drs. Syaiful, M.Pd., (II) Dra. Dewi Iriani, M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahana Masalah Matematis, pembelajaran Kooperatif, Numbered Head Together (NHT), Bilangan Berpangkat Bulat Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMP Negeri 5 Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 5 Kota Jambi tahun ajaran 2024/2025. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan Posttest-Only Control Design. Populasi adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Jambi. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Peneliti mengambil secara acak dua kelas terpilih kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir berupa soal esai untuk melihat kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Data tes dianalisis menggunakan uji-t satu pihak yaitu uji pihak kanan berbantuan SPSS versi 29.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas eksperimen adalah 63,33 dan nilai rata-rata pemecahan masalah matematis siswa kelas kontrol adalah 41,44. Sedangkan berdasarkan hasil analisis uji independent sample t-test dengan taraf signifikan 5% (α = 0,05) diperoleh nilai signifikan (1-talled) sebesar 0,0005, sehingga dapat dilihat bahwa 0,0005 < 0,05. Bedasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Pemecahana Masalah Matematis, pembelajaran Kooperatif, Numbered Head Together (NHT), Bilangan Berpangkat Bulat |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Hakim |
Date Deposited: | 10 Jan 2025 07:38 |
Last Modified: | 10 Jan 2025 07:38 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/74116 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |