Nurul Padhi, Lutfi (2024) ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KREATIVITAS PESERTA DIDIK KELAS X MAN 2 MUARO JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (154kB) |
![]() |
Text
BAB 1 LUTHFI.pdf Download (334kB) |
![]() |
Text
BAB 5 LUTFI.pdf Download (194kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI NEW LUTFI (1) (1)_removed.pdf Restricted to Repository staff only Download (206kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA LUTHFI.pdf Download (432kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI LUTFI FINAL BGT.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN UTFI.pdf Download (142kB) |
Abstract
Pentingnya kreativitas dalam pembelajaran adalah untuk mengembangkan keterampilan pada peserta didik. Rendahnya kreativitas siswa merupakan suatu masalah yang sering di jumpai dalam dunia pendidikan, hal ini disebabkan oleh pembelajaan yang masih menggunakan model pembelajaran biasa yaitu teacher center penerapanya pendidik sangat mendominasi proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran problem based learning pada pelaksanaan pembelajaran dan menganalisis kreativitas siswa melalui model pembelajaran problem based learning pada pembelajaran materi perubahan lingkungan kelas X MAN 2 Muaro Jambi. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini ditentukan secara simple random sampling dan dilaksanakan pada kelas X2 dengan jumlah siswa sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini instrumen yang digunakan adalah lembar wawancara, lembar observasi keterlaksanaan model problem based learning, dan angket kreativitas siswa. Pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan cara mengumpulkan data dan mendeskripsikan data yang diperoleh berdasarkan variabel yang telah ditentukan. Hasil dari penelitian ini berdasarkan hasil angket kreativitas siswa diperoleh hasil yaitu baik yang disesuaikan dengan 5 indikator kreativitas siswa yaitu Fluency, Flexibility, Problem sensitivity, Originality, dan Elaboration dengan terlaksananya pembelajaran sesuai dengan sintaks PB
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran, problem based learning, Kreativitas |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | padhi |
Date Deposited: | 13 Jan 2025 06:40 |
Last Modified: | 13 Jan 2025 06:40 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/74300 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |