Reida Savitri, Arda Surya (2025) Pengaruh Media Pop-up Book Tema Tanaman Terhadap Kecerdasan Naturalis Anak 5-6 Tahun Di SPS Putra Sejahtera Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (345kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (182kB) |
![]() |
Text
ABSTRACT.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I SKRIPSI.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB IV SKRIPSI.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
DAPUS SKRIPSI.pdf Download (904kB) |
![]() |
Text
PENGARUH MEDIA POPUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan hasil pengamatan peneliti di lapangan bahwa masalah utama yang ditemui pada hasil observasi yaitu pembelajaran yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan kecerdasan naturalis kurang bervariasi ditandai dengan sekolah hanya menggunakan LKPD sebagai media pembelajaran. Masalah lainnya juga terlihat bahwa kurangnya kepekaan anak terhadap lingkungan sekitarnya, kurangnya anak dalam mengenal tanaman dilingkungannya, ditunjukkan dari anak yang belum mampu dalam menyebutkan jenis-jenis tanaman, kurangnya anak dalam membedakan jenis-jenis tanaman, nama-nama tanaman, ciri-ciri tanaman, dan bagian-bagian tanaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pop-up book tema tanaman terhadap kecerdasan naturalis anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain yang dipakai adalah Pre-Eksperimental Design dengan bentuk One group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini di SPS Putra Sejahtera Kota Jambi 13 anak. Teknik pengambilan sampel yang digunakan sampling purposive. Instrumen yang digunakan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian membuktikan bahwa nilai t hitung, yaitu sebesar 24,2 t hitung > t tabel 2,329, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa variabel X berpengaruh terhadap variabel Y. Dengan interpretasi kuat dengan nilai 2,65 yang berada pada rentang >1,00 dengan interpretasi strong effect.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | POP-UP BOOK, KECERDASAN NATURALIS |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Savitri |
Date Deposited: | 05 Feb 2025 07:51 |
Last Modified: | 05 Feb 2025 07:51 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/75325 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |