Pengaruh Media Pop-up Book Tema Tanaman Terhadap Kecerdasan Naturalis Anak 5-6 Tahun Di SPS Putra Sejahtera Kota Jambi

Reida Savitri, Arda Surya (2025) Pengaruh Media Pop-up Book Tema Tanaman Terhadap Kecerdasan Naturalis Anak 5-6 Tahun Di SPS Putra Sejahtera Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (345kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (182kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I SKRIPSI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV SKRIPSI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAPUS SKRIPSI.pdf

Download (904kB)
[img] Text
PENGARUH MEDIA POPUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan hasil pengamatan peneliti di lapangan bahwa masalah utama yang ditemui pada hasil observasi yaitu pembelajaran yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan kecerdasan naturalis kurang bervariasi ditandai dengan sekolah hanya menggunakan LKPD sebagai media pembelajaran. Masalah lainnya juga terlihat bahwa kurangnya kepekaan anak terhadap lingkungan sekitarnya, kurangnya anak dalam mengenal tanaman dilingkungannya, ditunjukkan dari anak yang belum mampu dalam menyebutkan jenis-jenis tanaman, kurangnya anak dalam membedakan jenis-jenis tanaman, nama-nama tanaman, ciri-ciri tanaman, dan bagian-bagian tanaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pop-up book tema tanaman terhadap kecerdasan naturalis anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain yang dipakai adalah Pre-Eksperimental Design dengan bentuk One group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini di SPS Putra Sejahtera Kota Jambi 13 anak. Teknik pengambilan sampel yang digunakan sampling purposive. Instrumen yang digunakan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian membuktikan bahwa nilai t hitung, yaitu sebesar 24,2 t hitung > t tabel 2,329, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa variabel X berpengaruh terhadap variabel Y. Dengan interpretasi kuat dengan nilai 2,65 yang berada pada rentang >1,00 dengan interpretasi strong effect.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: POP-UP BOOK, KECERDASAN NATURALIS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Savitri
Date Deposited: 05 Feb 2025 07:51
Last Modified: 05 Feb 2025 07:51
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/75325

Actions (login required)

View Item View Item