Identifikasi Tingkat Kepuasan Siswa Terhadap Layanan Informasi Karier di SMA Negeri 4 Kota Jambi

Zahra, Alya (2025) Identifikasi Tingkat Kepuasan Siswa Terhadap Layanan Informasi Karier di SMA Negeri 4 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (84kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (176kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (95kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (15kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (215kB)
[img] Text
Full Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
pengesahan.pdf

Download (201kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Kepuasan dalam layanan informasi karier yang diberikan kepada siswa sangat diperlukan karena untuk mengetahui apakah siswa tersebut puas dengan layanan informasi karier yang telah diberikan guru . Maka dari itu pendidikan dalam konteks pemasaran harus mengutamakan kepuasan layanan kepada setiap konsumennya yang dalam hal ini adalah siswa. Kata kepuasan bisa diartikan sebagai upaya pemenuhan sesuatu atau membuat sesuatu memadai. Secara umum kepuasan sendiri adalah perasaan senang atau kecewa yang muncul setelah hasil kinerja yang diharapkan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif deskriptif, Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat kepuasan siswa terhadap layanan informasi karier di SMA Negeri 4 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei, yang melibatkan 179 siswa kelas XII sebagai sampel melalui teknik purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan angket yang dibagikan kepada responden, yang terdiri dari beberapa aspek layanan karier, yaitu pemberian informasi karier, asesmen karier, konseling karier, dan pengembangan keterampilan karier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memberikan penilaian pada kategori "Sedang" terhadap berbagai layanan karier yang tersedia di sekolah. Secara rinci, tingkat kepuasan siswa terhadap layanan informasi karier berada pada 55% asesmen karier 53%, 54%, dan pengembangan keterampilan karier 53%. Hal ini menunjukkan bahwa meskipun layanan karier yang diberikan oleh sekolah sudah memadai, masih ada kebutuhan untuk perbaikan agar dapat lebih memenuhi harapan dan kebutuhan siswa.. Kata kunci: tingkat kepuasan, layanan informasi karier, asesmen karier, konseling karier, pengembangan keterampilan karier

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: tingkat kepuasan, layanan informasi karier, asesmen karier, konseling karier, pengembangan keterampilan karier
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: zahra
Date Deposited: 13 Feb 2025 03:26
Last Modified: 13 Feb 2025 03:26
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/75432

Actions (login required)

View Item View Item