Ningsih, Ayu Sriwidhia and Zurweni, Zurweni and Sanova, Aulia (2025) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS KONTEKSTUAL BERBANTUAN ADOBE ANIMATE BERORIENTASI SELF - REGULATED LEARNING SISWA SMA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
Skripsi_Ayu Sriwidhiaaa Ningsihhh.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (477kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf Download (540kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK .pdf Download (186kB) |
![]() |
Text
BAB I (6).pdf Download (472kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (344kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA (2).pdf Download (459kB) |
Abstract
Pembelajaran dengan menggunakan Multimedia Interaktif bertujuan untuk menambah pengetahuan peserta didik yang berperan sebagai sumber belajar mandiri yang dapat memotivasi belajar peserta didik dan menumbuhkan self regulated learning. Multimedia interaktif adalah gabungan berbagai jenis media yang berupa teks, gambar, video dan animasi serta dilengkapi alat pengontrol yang bisa dioperasikan oleh user sehingga pengguna bisa memilih apa yang dikehendaki untuk proses selanjutnya dan dapat diakses melalui Handphone, Laptop, android, Iphone, Ipad, dan teknologi lainnya sehingga lebih mudah untuk digunakan. Multimedia Interaktif dialurkan dengan kontekstual atau dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari sehingga dapat memberikan contoh yang nyata kepada peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Lee & Owens. Instrumen penelitian yang di gunakąn berupa pedoman wawancara dan angket. Produk hasil pengembangan divalidasi oleh ahli media dan ahli materi, dilakukan penilaian praktisi oleh guru kemudian diuji cobakan secara one to one dan dalam kelompok kecil. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif (komentar dan saran) dan analisis data kuantitatif (rata-rata skor jawaban dan persentase dari angket). Hasil dari penelitian ini bahwa multimedia interaktif berbasis kontekstual berbantuan adobe animate berorientasi self-regulated learning layak secara konseptual dan prosedural berdasarkan ahli materi memperoleh presentase sebesar 91%, ahli media dengan presentase 89 %, penilaian guru dengan presentase 91%, uji one to one dengan presentase 90 %, dan dari respon siswa memiliki presentase 86,7%.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multimedia Interaktif, Kontekstual, Adobe Animate, Self Regulated Learning, Larutan Penyangga |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | NINGSIH |
Date Deposited: | 12 Feb 2025 07:00 |
Last Modified: | 12 Feb 2025 07:00 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/75434 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |