PENGEMBANGAN E-MODUL PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN BERBASIS GOOGLE SITES PADA SISWA KELAS 4 SDIT ASH-SHIDDIIQI KOTA JAMBI

Putra, Riqky Ananda (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN BERBASIS GOOGLE SITES PADA SISWA KELAS 4 SDIT ASH-SHIDDIIQI KOTA JAMBI. S2 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
1. HALAMAN SAMPUL TESIS.pdf

Download (178kB)
[img] Text
11. ABSTRAK & ABSTRACT TESIS.pdf

Download (151kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN DONE TTD.pdf

Download (204kB)
[img] Text
12. BAB I TESIS.pdf

Download (286kB)
[img] Text
16. BAB V TESIS.pdf

Download (237kB)
[img] Text
17. DAFTAR PUSTAKA TESIS.pdf

Download (206kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengembangan e-modul Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) berbasis Google Sites untuk siswa kelas 4 SDIT Ash-Shiddiiqi Kota Jambi, yang meliputi: (1) Konteks: kebutuhan dan tujuan pengembangan e-modul PJOK berbasis Google Sites; (2) Input: perancangan dan pengorganisasian pengembangan e-modul; (3) Proses: pelaksanaan pengembangan e-modul sesuai model ADDIE; dan (4) Produk: hasil implementasi e-modul dalam pembelajaran PJOK. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan pendekatan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian terdiri dari guru PJOK, siswa kelas 4 SDIT Ash-Shiddiiqi, dan ahli validasi materi dan media. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Berdasarkan evaluasi konteks, kebutuhan pengembangan e-modul PJOK berbasis Google Sites sangat relevan untuk mendukung pembelajaran berbasis teknologi, dengan hasil evaluasi sebesar 90,5% kategori sangat kuat; (2) Evaluasi input menunjukkan bahwa perencanaan dan pengorganisasian pengembangan e-modul berjalan dengan baik, dengan hasil sebesar 89,2% kategori sangat kuat; (3) Proses pengembangan e-modul berhasil dilakukan sesuai tahap ADDIE, namun terdapat kendala minor terkait penyesuaian materi dan teknologi, menghasilkan skor evaluasi 85,7% kategori sangat kuat; dan (4) Evaluasi produk menunjukkan bahwa e-modul meningkatkan motivasi dan partisipasi siswa, dengan hasil sebesar 88,6% kategori sangat kuat. E-modul berbasis Google Sites ini dinilai layak dan relevan untuk diimplementasikan sebagai bahan ajar interaktif di era digital. Penelitian ini memberikan kontribusi positif terhadap inovasi pembelajaran PJOK berbasis teknologi.

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: E-modul, PJOK, Google Sites
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Riqky Ananda Putra
Date Deposited: 12 Feb 2025 06:58
Last Modified: 12 Feb 2025 06:58
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/75442

Actions (login required)

View Item View Item