PENGEMBANGAN BUKU AJAR ELEKTRONIK BERBASIS FLIPBOOK PADA MUATAN IPS FASE C DI SEKOLAH DASAR

Nurjanah, Dita Siti (2025) PENGEMBANGAN BUKU AJAR ELEKTRONIK BERBASIS FLIPBOOK PADA MUATAN IPS FASE C DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (57kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN dan PENGESAHAN.pdf

Download (518kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (48kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (118kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (49kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (193kB)
[img] Text
A1D121017_DITA SITI NURJANAH_FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian dan Pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan buku ajar elektronik berbasis flipbook pada muatan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) fase C khususnya kelas 5 di sekolah dasar, serta mengetahui validitas dan kepraktisan buku ajar tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan pendekatan campuran (mix method), yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluate). Penelitian ini dilaksanakan di sekolah dasar dengan subjek penelitian guru dan peserta didik. Data dikumpulkan melalui validasi ahli materi pelajaran, validasi ahli bahasa, dan validasi ahli desain. Selain itu, data juga diperoleh dari hasil angket respon guru dan peserta didik untuk mengukur kepraktisan buku ajar elektronik pada saat uji coba kelompok besar. Data dianalisis menggunakan metode analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwasannya buku ajar yang dikembangkan melalui proses pengembangan dengan model ADDIE memiliki tingkat validitas yaitu dari validator materi mendapat pada skor rata-rata 4,4 dan tergolong ke dalam kategori sangat valid, hasil validasi oleh validator desain terhadap buku ajar elektronik mendapat skor rata-rata 4,4 yang tergolong ke dalam kategori sangat valid, serta hasil validasi oleh validator bahasa mendapat rata-rata 4,3 yang dikategorikan sebagai sangat valid. Selain itu, hasil angket respon guru yakni mendapat skor rata-rata 4,75 yang termasuk dalam kategori sangat praktis, dan hasil angket respon peserta didik yakni mendapat skor rata-rata 4,73 yang juga masuk dalam kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil angket tersebut, dapat disintetiskan bahwasanya buku ajar elektronik yang dikembangkan dalam penelitian ini telah dinyatakan valid dan praktis sehingga dapat digunakan sebagai sumber ajar yang mendukung aktivitas belajar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa buku ajar elektronik berbasis flipbook pada muatan IPS fase C di sekolah dasar yang dikembangkan dengan model pengembangan ADDIE pada penelitian ini secara keseluruhan dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Buku Ajar Elektronik, Flipbook, Fase C
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Nurjanah
Date Deposited: 13 Feb 2025 01:54
Last Modified: 13 Feb 2025 01:54
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/75450

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item