PENGEMBANGAN MODUL AJAR PADA MATERI MENENTUKAN NILAI TEMPAT BILANGAN CACAH BERBASIS PENDEKATAN TARL UNTUK PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

Astuti, Septiana Dwi (2025) PENGEMBANGAN MODUL AJAR PADA MATERI MENENTUKAN NILAI TEMPAT BILANGAN CACAH BERBASIS PENDEKATAN TARL UNTUK PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (7kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (35kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (10kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (21kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (110kB)
[img] Text
Full Skripsi Repository.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (60kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses pengembangan modul ajar dengan menggunakan model PBL berbasis pendekatan TaRL pada materi menentukan nilai tempat bilangan cacah sampai 10.000 di kelas IV Sekolah Dasar, (2) mendeskripsikan validitas desain setelah evaluasi perbaikan dari desain modul ajar dengan menggunakan model PBL berbasis pendekatan TaRL pada materi menentukan nilai tempat bilangan cacah sampai 10.000 di kelas IV Sekolah Dasar, (3) mendeskripsikan validitas produk setelah evaluasi perbaikan dari modul ajar dengan menggunakan model PBL berbasis pendekatan TaRL pada materi menentukan nilai tempat bilangan cacah sampai 10.000 di kelas IV Sekolah Dasar, (4) mendeskripsikan kepraktisan modul ajar dengan menggunakan model PBL berbasis pendekatan TaRL pada materi menentukan nilai tempat bilangan cacah sampai 10.000 di kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation). Data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari hasil observasi, wawancara, saran dari ahli praktisi, validator desain, validator media, validator bahasa, dan validator materi. Data kuantitatif terdiri dari hasil validasi oleh validator serta angket kepraktisan untuk pendidik dan peserta didik. Penelitian ini dilakukan di kelas IVB SD Negeri 34/1 Teratai. Hasil penelitian dan pengembangan berupa modul ajar yang dikembangkan telah melalui beberapa tahapan dengan model ADDIE. Validasi desain, media, bahasa, dan materi dilaksanakan dalam dua tahapan. Tingkat validitas yang diperoleh dari validator desain yaitu 4,7 (sangat valid), validator media 4,9 (sangat valid), validator bahasa 4,7 (sangat valid), validator materi 4,4 (sangat valid). Tingkat kepraktisan dan hasil angket respon pendidik 5 (sangat praktis) dan hasil angket respon peserta didik 4,7 (sangat praktis). Kesimpulan penelitian ini adalah modul ajar PBL berbasis TaRL untuk materi nilai tempat bilangan cacah hingga 10.000 di kelas IV Sekolah Dasar sangat valid berdasarkan validasi ahli dan sangat praktis berdasarkan uji coba produk, respons guru dan peserta didik.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Modul Ajar, Bilangan Cacah. Pendekatan TaRL
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: ASTUTI
Date Deposited: 19 Feb 2025 02:41
Last Modified: 19 Feb 2025 02:42
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/75538

Actions (login required)

View Item View Item