HAMBATAN GURU DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS IV SDN 047/XI KOTO BARU

Setiawan, Erikh (2025) HAMBATAN GURU DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS IV SDN 047/XI KOTO BARU. S1 thesis, Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).

[img] Text
SKRIPSI_A1D119179_Erikh Setiawan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (60kB)
[img] Text
Halaman persetujuan dan halaman pengesahan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (11kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (86kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (54kB)
[img] Text
Daftar pustaka.pdf

Download (139kB)

Abstract

ABSTRAK Setiawan, Erikh. 2024. Hambatan Guru Dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Pada Pembelajaran IPAS Di Kelas IV SDN 047/XI Koto Baru. Skripsi, jurusan Ilmu Pendidikan Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing : (1) Dr. Muhammad Sofwan, S.Pd, M.Pd., (II) Hendra Budiono, S.Pd, M.Pd., Kata Kunci : Hambatan guru, keterampilan proses sains, pembelajaran IPAS, sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hambatan guru dalam meningkatkan keterampilan proses sains pada pembelajaran IPAS di sekolah dasar negeri 047/XI Koto Baru. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 047/XI Koto Baru pada bulan Oktober- November 2024. Penelitian ini merupkan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru kelas IV. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan tiga cara yaitu observasi, wawancara dan studi dokumen. Data dianalisis dengan pengumpulan data, penyajian data dan verifikasi data. Uji validasi data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hambatan guru dalam meningkatkan keterampilan proses sains pada pembelajaran IPAS di SDN 047/XI Koto Baru terdapat hambatan dalam praktek pembelajaran pada siswa. Kurangnya bahan ajar oleh guru dan kurangnya sarana prasarana sekolah untuk praktek pembelajaran IPAS di sekolah. Guru hanya berfokus pada buku pembelajaran dan modul ajar siswa sehingga untuk meningkatkan keterampilan proses siswa dalam pembelajaran ipas terhambat oleh guru. Dari hasil penelitian yang diperoleh, untuk meningkatkan keterampilan proses sains pada pembelajaran IPAS, selain media pembelajaran yang tepat sekolah perlu mendukung berupa bahan praktek pembelajaran siswa agar keterampilan proses sains siswa dapat ditingkatkan lebih baik.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: SETIAWAN
Date Deposited: 19 Feb 2025 06:34
Last Modified: 19 Feb 2025 06:34
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/75541

Actions (login required)

View Item View Item