PENGEMBANGAN E-LKPD MENGGUNAKAN LIVEWORKSHEET DENGAN PRINSIP UNDERSTANDING BY DESIGN PADA HUBUNGAN PRODUSEN DAN KONSUMEN DALAM EKOSISTEM KELAS V SEKOLAH DASAR

Yunita, Endah (2025) PENGEMBANGAN E-LKPD MENGGUNAKAN LIVEWORKSHEET DENGAN PRINSIP UNDERSTANDING BY DESIGN PADA HUBUNGAN PRODUSEN DAN KONSUMEN DALAM EKOSISTEM KELAS V SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (47kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (143kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (118kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (57kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (583kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Yunita, Endah. 2025. Pengembangan E-LKPD Menggunakan Liveworksheet dengan Prinsip Understanding by design pada Hubungan Produsen dan Konsumen dalam Ekosistem Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Prof. Drs. Syahrial, M.Ed., Ph.D., (2) Risdalina, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Pengembangan, E-LKPD, Liveworksheet, Understanding by design Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan prosedur pengembangan E-LKPD menggunakan liveworksheet dengan prinsip understanding by design (Ubd) pada hubungan produsen dan konsumen dalam ekosistem di kelas V Sekolah Dasar, (2) Mendeskripsikan validitas dari E-LKPD menggunakan liveworksheet dengan prinsip understanding by design (Ubd) pada hubungan produsen dan konsumen dalam ekosistem di kelas V Sekolah Dasar, (3) Mendeskripsikan kepraktisan dari E-LKPD menggunakan liveworksheet dengan prinsip understanding by design (UbD) pada hubungan produsen dan konsumen dalam ekosistem di kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dengan model pengembangan DDD-E (Decide, Design, Develop, Evaluate). Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 186/I Sridadi dengan subjek penelitian guru dan peserta didik kelas V. Data penelitian diperoleh dari validasi materi, validasi media, dan validasi bahasa serta angket respon guru dan angket peserta didik. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian menujukkan bahwa validasi dari penilaian ahli materi memperoleh nilai rata-rata 4,75 dengan kategori sangat valid, dari penilaian ahli bahasa memperoleh nilai rata-rata 4,6 dengan kategori sangat valid, dan dari penilaian ahli media memperoleh nilai rata-rata 4,75 dengan kategori sangat valid. Selanjutnya hasil dari penilaian angket respon guru memperoleh nilai rata-rata 4,8 dengan kategori sangat praktis. Serta penilaian dari angket respon peserta didik pada uji coba kelompok kecil memperoleh nilai rata-rata 4,86 dengan kategori sangat praktis, dan uji coba kelompok besar memperoleh skor 4,98 dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa E-LKPD Menggunakan Liveworksheet dengan Prinsip Understanding by design pada Hubungan Produsen dan Konsumen dalam Ekosistem Kelas V Sekolah Dasar yang telah dikembangkan dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran di sekolah.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, E-LKPD, Liveworksheet, Understanding by design
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Yunita
Date Deposited: 20 Feb 2025 06:35
Last Modified: 20 Feb 2025 06:35
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/75566

Actions (login required)

View Item View Item