Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Kelas V Di Sekolah Dasar

Septian, Wella Mada (2025) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Kelas V Di Sekolah Dasar. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (14kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (19kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (31kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (853kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (85kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf

Download (7MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Septian, W.M, 2024. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Kelas V Di Sekolah Dasar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Prof. Drs, Syahrial, M.Ed., Ph.D (II) Issaura Sherly Pamela, S.Pd., M.Pd Kata Kunci: Model pembelajaran Koopratif Tipe Index Card Match, keaktifan belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keaktifan belajar siswa kelas V SDN 120/1 Simpang Jelutih. Keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran kurang terlihat, komunikasi pembelajaran terjadi dengan satu arah, dan tahapan pembelajaran hanya mengacu dari apa yang ada di buku pembelajaran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatkan keaktifan belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe index card match pada pembelajaran matematika di kelas V SDN 120/1 Simpang Jelutih. Penelitian ini dilakukan di SDN 120/1 Simpang Jelutih pada September-Oktober 2024. Data penelitian diperoleh dengan cara observasi dan dokumentasi. Data penelitian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus dan pada setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan dengan tahapan yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe index card match pada proses pembelajaran dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Peningkatakan tersebut dapat dilihat pada analisis data setiap siklus pertemuan. Siklus I pertemuan I memperoleh keberhasilan sebesar 53,12%, siklus I pertemuan II memperoleh keberhasilan sebesar 62,5%, siklus II pertemuan I memperoleh keberhasilan sebesar 68,75%, pada siklus II pertemuan II memperoleh keberhasilan sebesar 78,12% yang mengalami peningkatkan sebanyak 9,38%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe index card match dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran matematika di kelas V Sekolah Dasar. Terbukti dengan keberhasilan penelitian ini. Keaktifan belajar siswa dapat meningkat dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe index card match. Kata Kunci: Model pembelajaran Koopratif Tipe Index Card Match, keaktifan belajar. ABSTRACT A This research is motivated by the low learning activity of class V students at SDN 120/1 Simpang Jelutih. Student learning activity in learning is less visible, learning communication occurs in one direction, and learning stages only refer to what is in the learning book. This research is a Classroom Action Research that aims to describe the increase in student learning activity through cooperative learning of the index card match type in mathematics learning in class V of SDN 120/1 Simpang Jelutih. This research was conducted at SDN 120/1 Simpang Jelutih in September-October 2024. Research data were obtained by observation and documentation. Research data were analyzed qualitatively and quantitatively. This research was carried out in two cycles and each cycle consisted of two meetings with the following stages: (1) planning, (2) implementation, (3) observation, and (4) reflection. The results of the study show that implementing cooperative learning of the index card match type in the learning process can increase student learning activity. This increase can be seen in the data analysis of each meeting cycle. Cycle I meeting I achieved a success of 53.12%, cycle I meeting II achieved a success of 62.5%, cycle II meeting I achieved a success of 68.75%, in cycle II meeting II achieved a success of 78.12% which increased by 9.38%. Based on the results of the study, it can be concluded that the application of the index card match type cooperative learning model can increase student learning activity in mathematics learning in grade V of Elementary School. Proven by the success of this study. Student learning activity can be increased by using the index card match type cooperative learning model. Keywords: cooperative learning model, index card match type, learning activity

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning Model, Index Card Match Type, Learning Activity
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: SEPTIAN
Date Deposited: 10 Mar 2025 03:05
Last Modified: 10 Mar 2025 03:06
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/75657

Actions (login required)

View Item View Item