Khatimah, Husnul (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN EDUCANDY PADA MATERI BAGIAN TUBUH TUMBUHAN UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (39kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (183kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (112kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (47kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (190kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (34kB) |
Abstract
Khatimah, Husnul. 2025. Pengembangan Media Pembelajaran Educandy pada Materi Bagian Tubuh Tumbuhan untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Eka Sastrawati, S.Pd., M.Pd., (II) Risdalina S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: pengembangan, media pembelajaran, educandy Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan prosedur dari pengembangan media pembelajaran educandy pada materi bagian tubuh tumbuhan untuk siswa kelas IV sekolah dasar, (2) untuk mengetahui tingkat validitas dari pengembangan media pembelajaran educandy pada materi bagian tubuh tumbuhan untuk siswa kelas IV sekolah dasar, (3) untuk mengetahui tingkat kepraktisan dari pengembangan media pembelajaran educandy pada materi bagian tubuh tumbuhan untuk siswa kelas IV sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Reseacrh and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implemetation, Evaluation. Jenis data pada penelitian ini berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Sumber data penelitian didapat dari validator, guru dan peserta didik. Data kualitatif diperoleh dari komentar dan saran perbaikan dari validator. Guru dan peserta didik juga memberikan penilaian terkait produk media pembelajaran educandy yang dikembangkan pada proses wawacara. Sedangkan data kuatitatif diperoleh dari hasil angket validasi ahli materi, media dan bahasa, angket praktisi dan angket respon peserta didik. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SDN 127/I Petajen, pada Desember-Januari 2025. Hasil penelitian dan pengembangan ini berupa media pembelajaran educandy pada materi bagian tubuh tumbuhan untuk siswa kelas IV sekolah dasar. Hasil validasi ahli materi tahap I memperoleh skor dengan rata-rata 4,2 dengan kriteria cukup valid. Pada tahap II validasi materi memperoleh skor rata-rata 4,8 dengan kriteria sangat valid. Hasil validasi media tahap I memperoleh skor rata-rata 4,4 dengan kriteria sangat valid. Pada tahap II validasi media memperoleh skor rata-rata 4,8. Hasil validasi bahasa tahap I memperoleh skor rata-rata 4,7 dengan kriteria sangat valid. Pada tahap II validasi bahasa memperoleh skor rata-rata 4,9 dengan kriteria sangat valid. Kepraktisan produk diperoleh dari angket praktisi guru dengan skor rata-rata 5 dengan kriteria sangat praktis. Sedangkan kepraktisan dari perolehan angket respon peserta didik sebesar 4,74 dengan kriteria kepraktisan sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran educandy pada materi bagian tubuh tumbuhan untuk siswa kelas IV sekolah dasar ini sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan sebagai media pendukung pembelajaran IPAS di kelas IV sekolah dasar.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, media pembelajaran, educandy |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Khatimah |
Date Deposited: | 27 Feb 2025 03:09 |
Last Modified: | 27 Feb 2025 03:09 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/75682 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |