Febrianty, Annisa (2025) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended Ditinjau dari Minat BelajarPada Materi Luas & Keliling Lingkaran Siswa Kelas VIII SMP. S1 thesis, UNIVERSITAS UNJA.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (148kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (304kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (148kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (190kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (301kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (332kB) |
Abstract
Febrianty, Annisa. 2025. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended Ditinjau Dari Minat Belajar Pada Materi Luas & Keliling Lingkaran Siswa Kelas VIII SMP: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing : (I) Feri Tiona Pasaribu, M.Pd., CIT., (II) Dr. Duano Sapta Nusantara, S.Pd., Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Soal Open-Ended, Minat Belajar, Lingkaran Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan salah satu kompetensi yang sangt penting untuk dikuasai oleh siswa dalam menyelesaikan perasalahan soal-soal matematika. Faktor yang mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematis salah satunya adalah minat belajar pada diri siswa dalam mempelajari pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP pada materi lingkaran dalam menyelesaikan soal open-ended yang ditinjau dari minat belajar. Jenis penelitian yang digunakan dengan pendeketan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif yang dilakukan di SMP Negeri 14 Kota Jambi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik purposive sampling dan didapat enam subjek siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan pemberian angket minat belajar, tes soal open-ended materi luas & keliling lingkaran dan wawancara. Untuk keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi teknik. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan Miles dan Huberman yaitu kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal open-ended ditinjau dari minat belajar siswa pada materi luas & keliling lingkaran: 1) kategori tinggi, subjek dapat menuliskan dan menjelaskan dengan baik dan tepat secara sistematis pada semua langkah indikator Polya pada soal ke1, dan pada soal 2 & 3 terdapat kekeliruan. 2) Kategori sedang, subjek dapat menuliskan dan menjelaskan dengan baik dan tepat pada langkah indikator memahami masalah pada soal ke1-3. Dan subjek sedang dua kali tidak dapat menuliskan dan menjelaskan pada langkah indikator merencanakan penyelesaian, menyelesaikan masalah sesuai rencana, dan melakukan pengecekan kembali pad soal 2 & 3. 3) Kategori rendah, subjek dapat menuliskan dan tidak menjelaskan dengan baik dan tepat pada langkah indikator memahami masalah pada setiap soal. Subjek rendah tidak dapat menuliskan dan menjelaskan pada langkah indikator merencanakan penyelesaian dan melakukan pengecekan kembali pada hampir seluruh soal.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Soal Open-Ended, Minat Belajar, Lingkaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Febrianty |
Date Deposited: | 28 Feb 2025 07:09 |
Last Modified: | 28 Feb 2025 07:09 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/75736 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |