pengembangan video animasi untuk kesadaran gizi siswa sekolah dasar di kecamatan rantau rasau

Prasetio, Dedi (2025) pengembangan video animasi untuk kesadaran gizi siswa sekolah dasar di kecamatan rantau rasau. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
abstrak dedi prasetio dedi.pdf

Download (91kB)
[img] Text
BAB I dedi prasetio.pdf

Download (119kB)
[img] Text
BAB 5 dedi prasetio.pdf

Download (83kB)
[img] Text
halaman pengesahan dedi.pdf

Download (322kB)
[img] Text
daftar pustaka dedi prasetio.pdf

Download (49kB)
[img] Text
SKRIPSI DEDI PRASETIO, A1H121013.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu banyak siswa sekolah dasar yang masih belum tahu cara memilih makanan sehat. Rendahnya tingkat kesadaran gizi pada siswa sekolah dasar di Kecamatan Rantau Rasau. Metode pembelajaran gizi yang kurang menarik dan efektif. Kurangnya penggunaan media pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan siswa sekolah dasar. Maraknya jajanan yang tidak sehat di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah membantu meningkatkan pemahaman siswa mengenai pentingnya gizi seimbang dan pola makan yang sehat. Mendorong siswa untuk menerapkan pengetahuan gizi dalam kehidupan sehari-hari. Menyampaikan informasi tentang gizi dengan cara yang menarik dan mudah dipahami oleh anak-anak. Penelitian ini mengadopsi pendekatan penelitian dan pengembangan (R&D). Validasi dilakukan dengan konsultasi dan revisi selama bimbingan pengembangan video animasi untuk kesadaran gizi siswa sekolah dasar di kecamatan rantau rasau. Ahli materi yang dimaksud adalah dosen/pakar untuk menentukan apakah materi gizi dar video animasi ini dapat membantu keefektifan pada kesadaran gizi peserta didik. Kemudian subjek uji coba dilakukan dalam duatahap, menjadi subjek uji coba kelompok kecil 1 (satu) sekolah dan kelompok besar 2 (dua) sekolah. Hasil validitas media dengan nilai 46 pada kategori Sangat Baik dengan rentang 40 - 50. hasil validitas materi oleh pakar materi nilai 45. Hal ini berarti pakar ahli materi video animasi pada skala penilaian Sangat Baik dengan rentang 40- 50. hasil uji coba kelompok kecil diperoleh hasil respon 30 orang yang mendapat skor baik sebanyak 24 siswa dengan persentase 80%, yang mendapat skor sangat baik sebanyak 6 siswa dengan persentase 20%. Hal ini berarti video animasi dalam proses pembelajaran sudah termasuk pada kategori sangat baik dengan rata-rata keseluruhan 47.70. hasil uji coba kelompok besar diperoleh hasil dari 48 orang yang mendapat skor baik sebanyak 32 siswa dengan oersentase 66.7%, yang mendapat skor sangat baik sebanyak 16 siswa dengan persentase 33.3%. Simpulan penelitian sebagai berikut: pengembangan video animasi dapat membantu siswa sekolah dasar di Kecamatan Rantau Rasau untuk mempunyai kesadaran gizi yang baik yang telah divalidasi oleh ahli media, ahli materi dinyatakan valid dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. pengembangan video animasi dapat membantu siswa sekolah dasar di Kecamatan Rantau Rasau dinyatakan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: video Animasi, Kesadaran Gizi, Sekolah Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Olahraga dan Kesehatan
Depositing User: PRASETIO
Date Deposited: 04 Mar 2025 07:36
Last Modified: 04 Mar 2025 07:36
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/75825

Actions (login required)

View Item View Item