Satrio, Oggi (2025) Pemanfaatan Media Visual untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Prosedur dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (215kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (231kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (220kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (21kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (346kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI OGGI SATRIO A1B121054 FIX.pdf Restricted to Repository staff only Download (16MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (532kB) |
Abstract
Banyak siswa mengalami kesulitan dalam menulis karena kurang lancar membaca, sehingga pemahaman mereka terhadap teks masih rendah. Pembelajaran yang monoton tanpa variasi media juga membuat siswa cepat bosan. Untuk mengatasi hal ini, diperlukan metode dan media yang lebih menarik agar siswa lebih mudah memahami dan tertarik dalam belajar menulis. Seiring dengan kemajuan dan perkembangan zaman, media visual merupakan salah satu media yang memanfaatkan teknologi dan mudah untuk diaplikasikan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 2 Muko-Muko Bathin VII melalui penggunaan media visual berupa slide powerpoint dari canva. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus dengan pendekatan kolaboratif bersama guru bahasa Indonesia. Pada tahap pratindakan, hasil observasi dan wawancara menunjukkan bahwa rendahnya keterampilan menulis siswa disebabkan oleh kurangnya motivasi, kesulitan menemukan ide, serta metode pembelajaran yang kurang menarik. Hasil tes pratindakan menunjukkan bahwa hanya 20% siswa yang mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP), dengan rata-rata nilai 57,21. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam keterampilan menulis teks prosedur siswa setelah penerapan media visual slide powerpoint. Pada siklus I, jumlah siswa yang mencapai KKTP meningkat menjadi 46,67%, sementara pada siklus II, seluruh siswa mencapai KKTP dengan persentase kelulusan 100%. Penggunaan media visual terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis dan kualitas tulisan siswa, membantu mereka memahami struktur dan kebahasaan teks prosedur dengan lebih baik, serta meningkatkan minat dan partisipasi mereka. Dengan demikian, penelitian ini merekomendasikan pemanfaatan media visual dalam pembelajaran menulis sebagai strategi yang inovatif dan efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa. Many students struggle with writing due to their lack of fluency in reading, which results in low text comprehension. Monotonous learning without media variations also makes students easily bored. To address this issue, more engaging methods and media are needed to help students better understand and become more interested in learning to write. With the advancement and development of technology, visual media has become one of the most accessible and applicable technological tools. This study aims to improve the procedural text writing skills of seventh-grade students at SMP Negeri 2 Muko-Muko Bathin VII through the use of visual media in the form of PowerPoint slides from Canva. This classroom action research was conducted in two cycles using a collaborative approach with an Indonesian language teacher. During the pre-action stage, observations and interviews indicated that students' low writing skills were due to a lack of motivation, difficulty in generating ideas, and unengaging teaching methods. The pre-action test results showed that only 20% of students met the Learning Objective Achievement Criteria (KKTP), with an average score of 57.21. The research findings revealed a significant improvement in students' procedural text writing skills after implementing visual media in PowerPoint slides. In the first cycle, the percentage of students meeting KKTP increased to 46.67%, and in the second cycle, all students achieved KKTP with a 100% passing rate. The use of visual media has proven to be effective in increasing student interest and participation, helping them better understand the structure and language of procedural texts, and enhancing the quality of their writing. Thus, this study recommends the integration of visual media in writing instruction as an innovative and effective strategy to improve students' writing skills.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | menulis, teks prosedur, penelitian tindakan kelas, media visual |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo |
Depositing User: | Satrio |
Date Deposited: | 06 Mar 2025 03:49 |
Last Modified: | 06 Mar 2025 03:49 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/75875 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |