Aminah, Siti (2025) Analisis Penggunaan Aplikasi Canva dengan Menggunakan Model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology pada Penerapan Kurikulum Merdeka oleh Guru Sekolah Dasar di Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
SKRIPSI_SITI AMINAH_A1D120147--.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (32kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (115kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (42kB) |
![]() |
Text
Halaman pengesahan.pdf Download (198kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (114kB) |
![]() |
Text
COVER 1.pdf Download (46kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru yang menggunakan aplikasi canva dalam penerapan kurikulum merdeka. Untuk mengetahui niat perilaku dalam penggunaan aplikasi canva dalam penerapan kurikulum merdeka yang dilakukan guru dengan menggunakan model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT). Penelitian ini dibatasi dalam ruang lingkup komponen UTAUT yaitu Harapan Kinerja, Harapan Usaha, Kondisi Fasilitas, dan Pengaruh Sosial. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pengaruh prinsip harapan kinerja terhadap niat keperilakuan untuk menggunakan aplikasi canva dalam penerapan kurikulum merdeka. (2) Mengetahui pengaruh prinsip harapan usaha terhadap niat keperilakuan untuk menggunakan aplikasi canva dalam penerapan kurikulum merdeka. (3) Mengetahui pengaruh prinsip pengaruh sosial terhadap nian keperilakuan untuk menggunakan aplikasi canva dalam penerapan kurikulum merdeka. (4) Mengetahui pengaruh prinsip kondisi fasilitas niat keperilakuan untuk menggunakan aplikasi Canva dalam penerapan kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data penelitian diperoleh dengan cara menyebarkan angket kepada guru di SDN 1/IV Kota Jambi, SDN 28/IV Kota Jambi, dan SDN 15/IV Kota Jambi. Sampel dari penelitian ini adalah seluruh guru yang mengajar di 3 sekolah tersebut yang berjumlah 103. Analisis data pada penelitian ini menggunakan PLS-SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Konstruk Harapan Kinerja (HPK) berpengaruh positif terhadap penggunaan aplikasi canva dalam penerapan kurikulum merdeka. (2) Konstruk Harapan Usaha (HPU) berpengaruh positif terhadap penggunaan aplikasi canva. (3) Konstruk Pengaruh Sosial (PS) tidak berpengaruh posistif terhadap penggunaan aplikasi Canva.(4) Konstruk Kondisi Fasilitas (KF) tidak berpengaruh positif terhadap penggunaan aplikasi canva. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwasannya dua sub variabel dari UTAUT memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan aplikasi canva dalam penerapan kurikulum merdeka oleh guru sekolah dasar di Kota Jambi
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aplikasi Canva, Kurikulum Merdeka, UTAUT, Guru, Sekolah Dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | AMINAH |
Date Deposited: | 11 Mar 2025 02:51 |
Last Modified: | 11 Mar 2025 02:52 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/75962 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |