PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI SOSIAL GURU DI SMA NOMMENSEN KOTA JAMBI

SARI, YULIYA PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI SOSIAL GURU DI SMA NOMMENSEN KOTA JAMBI. JURNAL PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI SOSIAL GURU DI SMA NOMMENSEN KOTA JAMBI.

[img] Text
COVER.docx

Download (50kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.docx

Download (19kB)
[img] Text
DAFTAR ISI FIX liya.docx

Download (20kB)
[img] Text
BAB I BARU.docx

Download (28kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (21kB)

Abstract

ABSTRAK Sari, Yuliya. 2019. Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Sosial Guru Di SMA Nommensen Kota Jambi. Skripsi, Administrasi Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,Universitas Jambi. Pembimbing I: Dr. K.A Rahman, M.Pd.I, Pembimbing II: Robin Pratama, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kompetensi Sosial Guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi sosial guru di SMA Nommensen Kota Jambi serta apa saja faktor-faktor yang menjadi kendala dalam meningkatkan kompetensi sosial guru di SMA Nommensen Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Nommensen Kota Jambi. Subjek dari penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Staff Tata Usaha, serta perwakilan beberapa guru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan dokumentasi. Proses analisis data dimulai dari menelaah seluruh data wawancara dan studi dokumentasi, dilanjutkan dengan melakukan reduksi data, menyajikan data dan verifikasi data untuk dapat mengambil kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan segi bersikap inklusif dan bersifat objektif sudah cukup baik untuk mempunyai sikap keterbukaan kesesama guru,staff TU maupun siswa yang ada disekolah; Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan segi berkomunikasi yang efektif sudah baik secara garis besarnya, akan tetapi masih ada tingkatan level seorang guru dan pegawai staff seperti pegawai pns maupun honor; Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam meningkatkan segi komunikasi komunitas profesi, di SMA Nommensen ini hanya mempunyai komunitas MGMP untuk gurunya sendiri dan paduan suara untuk siswa nya dikarenakan sarana dan prasarana sebagai faktor penunjangnya masih belum memadai, serta di sekolah ini juga memprogramkan sekolah gratis jadi untuk meningkatkan kualitas sekolah itu sendiri masih di katakan masih sangat minim; Faktor penghambat dalam meningkatkan kompetensi sosial guru di SMA Nommensen yaitu kurangnya komunikasi antara sesama guru maupun staff tu karena sekolah ini guru nya musti mengajar di sekolah lain untuk memenuhi jam nya yang kosong serta kesulitan seorang guru dalam mengajarkan karena tidak didukung dengan sarana prasarana yang ada di SMA Nommensen.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: YULIYA SARI
Date Deposited: 08 Apr 2019 04:00
Last Modified: 08 Apr 2019 04:00
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7600

Actions (login required)

View Item View Item