Tarigan, Bibiana Kresensia (2025) Efektivitas Model GENICS (Grouping, Explorating, Discussion, Individual Activity, Combining, Sharing) Pada Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Meta-skills Siswa SMA. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
DAPUS.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Kemampuan berpikir kreatif (sedang 41%, tinggi 26%, rendah 18%, sangat rendah 9% dan sangat tinggi 6%) dan meta-skills( sedang 48%, rendah 42%, tinggi 7%, sangat rendah 2% dan sangat tinggi 1%) siswa belum optimal meskipun sudah menggunakan model-model pembelajaran yang direkomendasikan oleh kurikulum pada pembelajaran berdiferensiasi. Kurikulum pembelajaran memiliki dampak sebesar 47,7% sebagai faktor yg dapat mempengaruhi pembelajaran di sekolah. Adapun tujuan penelitian adalah mengetahui efektivitas model GENICS terhadap kemampuan berpikir kreatif dan meta-skills siswa dibandingkan siswa yang dibelajarkan menggunakan model PBL dan seberapa besar efektivitasnya., untuk mengetahui efektivitas dari penerapan model GENICS terhadap kemampuan berpikir kreatif dibandingkan siswa yang dibelajarkan menggunakan model PBL dan seberapa besar efektivitasnya, untuk mengetahui efektivitas model GENICS terhadap meta-skills dibandingkan siswa yang dibelajarkan menggunakan model PBL dan seberapa besar efektivitasnya. Penelitian Quasi eksperiment dilakukan di SMA 5 menggunakan Non-randomized Control Group Pretest Postest Design. Populasi adalah seluruh kelas X (432 siswa) dengan sampel sebanyak 2 kelas yaitu kelas X-6 (36 siswa) sebagai kelas eksperimen dan kelas X-11(36 siswa) sebagai kelas kontrol. Instrument pembelajaran berupa ATP, Modul Ajar dan LKPD dikembangkan di kedua kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan test-essay untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif (pretest dan postest), kuesioner untuk mengukur meta-skills (pretest dan postest), dan lembar observasi keterlaksanaan sintaks model pembelajaran. Teknik analisis data berupa statistika deskriptif, regresi linear berganda untuk menguji konsistensi keterlaksanaan sintaks pembelajaran, One-Way MANCOVA untuk menguji hipotesis setelah memenuhi beberapa asumsinya, dan perhitungan effect size menggunakan partial eta-squared jika H1 diterima. Hasil dari penelitian ini menunjukkan; 1) terdapat perbedaan efektivitas (medium effect) model pembelajaran GENICS dan model PBL terhadap kemampuan berpikir kreatif dan meta-skills dengan mengontrol kemampuan berpikir kreatif dan meta-skills awal siswa; 2) terdapat perbedaan efektivitas (medium effect) model pembelajaran GENICS dan model PBL terhadap kemampuan berpikir kreatif dengan mengontrol kemampuan berpikir kreatif awal siswa; dan 3) tidak terdapat perbedaan efektivitas model pembelajaran GENICS dan model PBL terhadap meta-skills dengan mengontrol meta-skills awal siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini, model pembelajaran GENICS dapat digunakan dalam mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dan meta-skills siswa dengan tetap memperhatikan segala kondisi sarana prasarana yang mendukung pembelajaran di kelas.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | GENICS, Kemampuan Berpikir Kreatif, Meta-skills |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | BIBIANA KRESENSIA BR TARIGAN |
Date Deposited: | 11 Mar 2025 06:24 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 08:00 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/76048 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |