Wulandari, Sri (2025) Pengembangan E-Magazine Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Energi Terbarukan di SMA Negeri 2 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Full Draft.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (16kB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan, Halaman Pengesahan.pdf Download (682kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (7kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (143kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (11kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (257kB) |
Abstract
Wulandari, Sri. 2025. Pengembangan E-Magazine Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Energi Terbarukan di SMA Negeri 2 Kota Jambi: Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Drs. M.Hidayat, M.Pd., (II) Erlida Amnie, M.Pd. Kata kunci: E-magazine, problem based learning, energi terbarukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran e-magazine berbasis problem based learning pada materi energi terbarukan di SMA Negeri 2 Kota Jambi. Selain itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran menggunakan e-magazine berbasis problem based learning pada materi energi terbarukan di SMA Negeri 2 Kota Jambi. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui respon guru dan peserta didik terhadap e-magazine. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model 4-D, yang mencakup empat tahap yakni define, design, develop, dan disseminate. Dalam penelitian ini hanya dibatasi sampai pada tahap develop agar sesuai dengan penelitian pengembangan yakni mengembangkan produk. E-magazine divalidasi oleh ahli materi dan media, serta diuji coba di kelas untuk memperoleh respon dari peserta didik dan guru mengenai e-magazine sebagai media pembelajaran. Uji coba produk dilakukan dengan 10 responden fase F dan 10 responden fase E pada uji coba kelompok kecil untuk mendapatkan saran dan masukan yang memungkinkan pengembang untuk merevisi produk, dan 25 responden pada uji kelompok besar untuk mendapatkan respon terhadap produk di SMA Negeri 2 Kota Jambi. Hasil penelitian ini diperoleh dari ahli materi dan ahli media dengan rata-rata persentase ahli media sebesar 90.2% dan ahli materi 91% dalam kategori sangat baik. Selanjutnya, diperoleh penilaian praktisi oleh guru fisika dengan persentase rata-rata 81,25% serta mendapatkan respon yang sangat baik dari peserta didik dengan persentase 84%. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa e-magazine berbasis problem based learning layak digunakan sebagai salah satu media pembelajaran fisika yang dapat membantu peserta didik dan guru dalam kegiatan belajar mengajar.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-magazine, problem based learning, energi terbarukan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | WULANDARI |
Date Deposited: | 11 Mar 2025 03:46 |
Last Modified: | 11 Mar 2025 03:46 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/76063 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |