PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA SMA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI

Shihah, Roudlotuddurotunna (2025) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA SMA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (228kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (235kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (150kB)
[img] Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (252kB)
[img] Text
Hal Pengesahan.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Full Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Kecakapan abad 21 yang perlu dikembangkan untuk memenuhi pembelajaran adalah berpikir kritis, kreativitas, komunikasi, dan kolaborasi. Kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran belum optimal. Kurang optimalnya kemampuan berpikir kreatif dapat menyebabkan menjadi kurang efektif. Selain kemampuan berpikir kreatif, siswa juga dituntut untuk terampil dalam berkolaborasi. Siswa cenderung berada pada kelompok lain pada saat diskusi. Kecenderungan siswa berdiskusi dengan kelompok lain adalah karena perbedaan pendapat diantara siswa. Sehingga diperlukan alternatif penerapan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan keterampilan kolaborasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model project based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif dan keterampilan kolaborasi siswa. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 2 Muaro Jambi. Desain penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental Research) dengan rancangan pre-test post-test non-equivalent control group design. Sampel penelitian yaitu seluruh siswa kelas X E SMAN 2 Muaro Jambi. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian yaitu kelas X E4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X E3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data melalui tes esai, lembar observasi keterampilan kolaborasi dan lembar observasi keterlaksanaan sintaks. Instrumen yang digunakan dalam penelitian divalidasi oleh dosen pembimbing. Teknik analisis data menggunakan quade’s rank analysis of covariance. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif terjadi peningkatan pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata (21,57 menjadi 63,18) dan pada kelas kontrol (29,27 menjadi 58,48). Hasil quade’s rank ancova menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dengan nilai effect size sebesar 0,085 (medium effect). Hasil keterampilan kolaborasi pada kelas eksperimen dengan nilai 84,02 (sangat baik) dan kelas kontrol 71,58 (baik). Hasil quade’s rank ancova menunjukkan terdapat pengaruh dengan nilai effect size sebesar 0,081 (medium effect). Disimpulkan bahwa penerapan model project based learning berpengaruh sedang terhadap kemampuan berpikir kreatif dan keterampilan kolaborasi siswa.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning, kemampuan berpikir kreatif, keterampilan kolaborasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Shihah
Date Deposited: 12 Mar 2025 03:53
Last Modified: 12 Mar 2025 03:53
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/76177

Actions (login required)

View Item View Item