Lorensa, Nana (2025) Efektivitas Model GENICS (Grouping, Explorating, Discussion, Individual Activity, Combining, Sharing) Pada Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Kemampuan Literasi Digital Dan Meta-Skills Siswa SMA. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
Nana Lorensa_A1C421052_Skripsi Watermak.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) |
Abstract
Kemampuan literasi digital dan Meta-skills siswa di SMA Negeri 5 Kota Jambi belum optimal meskipun sudah dibelajarkan mengunakan model yang direkomendasikan oleh kurikulum terkait pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian bertujuan untuk Mengetahui ada atau tidaknya perbedaan efektivitas model pembelajaran GENICS dibandingkan dengan model PBL pada pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan literasi digital dan Meta-skills siswa. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 5 Kota Jambi. Penelitian quasi eksperiment ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desaing Non-random mized control-group pretest dan postest. Populasi penelitian adalah siswa kelas X fase E di SMA Negeri 5 Kota Jambi, dengan sampel yang diambil sebanyak 2 kelas (Ekprerimen dan kontrol). Teknik pengambilan sampel mengunakan purposive sampling (berdasarkan nilai uji homogenitas dan normalitas) dari nilai ulangan siswa. Instrumen penelitian berupa Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), Modul Ajar, dan Lembar Kerja Siswa (LKS) sudah divaliadasi dan telah layak untuk digunakan dalam penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan tes essai untuk mengukur kemampuan literasi digital (pretest dan postest), dan kuesioner untuk mengukur Meta-skills (pretest dan postets) serta lembar observasi untuk keterlaksanaan sintaks model pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan statistika deskriptif (rerata, standar deviasi dan persentase) regresi linear berganda untuk menguji konsistensi sintak, One-Way Mancova dan partial eta squared untuk menguji hipotesis. Hasil uji One-Way Mancova terlihat bahwa: 1) Implementasi model GENICS terdapat perbedaan efektivitas pada pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan literasi digital dan Meta-skills siswa dibandingkan model PBL dengan signifikasi 0,001<0,05; 2) Implementasi model GENICS terdapat perbedaan efektivitas pada pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan literasi digital siswa dibandingkan model PBL dengan signifikasi 0,001<0,05; 3) Implementasi model GENICS tidak terdapat perbedaan efektivitas pada pembelajaran berdiferensiasi terhadap Meta-skills siswa dibandingkan model PBL dengan signifikasi 0,001<0,005. Hasil penelitian menunjukkan model GENICS dapat meningkatkan kemampuan literasi digital dan Meta-skills siswa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | GENICS, PBL, Pembelajaran Berdiferensiasi, Kemampuan Literasi Digital, dan Meta-skills. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | NANA LORENSA |
Date Deposited: | 13 Mar 2025 07:07 |
Last Modified: | 25 Aug 2025 06:58 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/76324 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |