Ratussalimah, Hiya (2025) Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Lulusan di SMK Negeri 1 Batang Hari. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (389kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (254kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (361kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (220kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (191kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (315kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian mendeskripsikan strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu lulusan di SMK Negeri 1 Batang Hari mencakup formulasi strategi, implementasi strategi dan evaluasi strategi, serta faktor pendukung dan faktor penghambat strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu lulusan di SMK Negeri 1 Batang Hari. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumen. Informan yang terlibat dalam penelitian ini diantaranya adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Guru dan Siswa. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Formulasi strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu lulusan di SMK Negeri 1 Batang Hari disusun dengan mengacu pada visi dan misi, melakukan analisis kebutuhan sekolah, mempertimbangkan faktor internal dan eksternal serta membentuk tim kerja yang solid guna mendukung pelaksanaan perencanaan tersebut. (2) Implementasi strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu lulusan di SMK Negeri 1 Batang Hari dengan mengimplementasikan strategi yang sudah dibuat yaitu meningkatkan kemampuan dan kompetensi guru, program komunitas belajar, menyelaraskan kurikulum dengan kebutuhan siswa dan dunia kerja, menjalin kerja sama dengan dunia usaha dan dunia industri, pengembangan ekstrakurikuler dan soft skill siswa dan memberi reward kepada siswa yang berprestasi. Strategi-strategi tersebut langsung diimplementasikan dengan penuh komitmen oleh kepala sekolah SMK Negeri 1 Batang Hari dan menjalin komunikasi dan kolaborasi dengan seluruh pihak terkait. (3) Evaluasi strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu lulusan di SMK Negeri 1 Batang Hari dilakukan secara sistematis melalui monitoring dan supervisi. Evaluasi strategi dilakukan oleh kepala sekolah SMK Negeri 1 Batang Hari secara berkala yaitu rutin setiap minggu dan setiap bulan. (4) Faktor pendukung strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu lulusan di SMK Negeri 1 Batang Hari yaitu: jumlah siswa yang banyak, kompetensi guru yang baik dan selaras dengan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri, kerja sama yang kuat antara sekolah dengan dunia usaha dan dunia industri dan kurikulum yang diterapkan sesuai dengan kebutuhan siswa. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu masih rendahnya kesadaran dan motivasi siswa dan guru. The study describes the principal's strategy in improving the quality of graduates at SMK Negeri 1 Batang Hari, covering strategy formulation, strategy implementation, strategy evaluation, as well as supporting and inhibiting factors of the principal’s strategy in enhancing graduate quality at SMK Negeri 1 Batang Hari. This research employs a qualitative method with a case study approach. Data collection in this study was conducted through observation, interviews, and document analysis. The informants involved in this research include the Principal, Vice Principal for Curriculum Affairs, Teachers, and Students. The data analysis technique follows the Miles and Huberman model, which consists of data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results of this study indicate that: (1) The formulation of the principal’s strategy in improving the quality of graduates at SMK Negeri 1 Batang Hari is developed based on the school’s vision and mission, conducting a needs analysis, considering internal and external factors, and forming a solid working team to support the implementation of the planned strategies. (2) The implementation of the principal’s strategy in enhancing the quality of graduates at SMK Negeri 1 Batang Hari is carried out by applying the established strategies, which include improving teacher competence and skills, implementing a learning community program, aligning the curriculum with students' and industry needs, establishing partnerships with businesses and industries, developing extracurricular activities and students’ soft skills, and providing rewards for high-achieving students. These strategies are implemented with full commitment by the principal of SMK Negeri 1 Batang Hari while maintaining communication and collaboration with all related parties. (3) The evaluation of the principal’s strategy in improving the quality of graduates at SMK Negeri 1 Batang Hari is conducted systematically through monitoring and supervision. The evaluation is carried out periodically by the principal on a weekly and monthly basis. (4) The supporting factors of the principal’s strategy in improving the quality of graduates at SMK Negeri 1 Batang Hari include a large number of students, teachers’ competencies that align with business and industry needs, strong cooperation between the school and industries, and a curriculum that is tailored to students’ needs. Meanwhile, the inhibiting factors include low awareness and motivation among both students and teachers.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Kepala Sekolah dan Mutu Lulusan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | RATUSSALIMAH |
Date Deposited: | 14 Mar 2025 03:40 |
Last Modified: | 14 Mar 2025 03:40 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/76334 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |